Walikota Makassar Appresiasi GO FOOD Dorong Industri Kuliner di Makassar

Makassar.daulatrakyat.id. GO-FOOD, layanan pesan-antar makanan yang ada dalam aplikasi GO-JEK menegaskan kembali komitmennya dalam mendukung pengusaha kuliner lokal meningkatkan skala bisnisnya melalui program Explore Kuliner Makassar, kerja sama GO-JEK melalui GO-FOOD dengan Dinas Pariwisata Kota Makassar.

Explore Kuliner Makassar akan memberikan kesempatan kepada sepuluh restoran lokal terbaik di Makassar untuk bisa menawarkan produk kulinernya melalui layanan GO-FOOD. Inisiatif kerja sama ini merupakan bentuk apresiasi Dinas Pariwisata Kota Makassar terhadap tingginya produktivitas kuliner Makassar sebagai salah satu ujung tobak pertumbuhan ekonomi di Timur Indonesia.

Walikota Makassar, Ir . H. Ramdhan Pomanto yang hadir dalam acara konferensi pers penandatanganan kerja sama GO-FOOD dan Dinas Pariwisata Kota Makassar menjelaskan.

“Kami mengapresiasi kesediaan pihak GO-JEK melalui GO-FOOD dalam mendukung pelaku kuliner Makassar untuk bisa naik tingkat. Kami percaya, teknologi yang dimiliki GO-JEK akan sangat membantu pelaku UMKM kuliner kami terutama dalam hal promosi produk kuliner,”kata walikota yang akrab disapa Danny tersebut.

Dikatakan Danny Makassar memiliki sejumlah restoran terbaik yang tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Dengan tersedianya produk kuliner mereka di layanan GO-FOOD,ia berharap akan semakin banyak lagi pecinta kuliner yang mengenal ragam kuliner khas dari Kota Daeng ini.

“Selain membantu sepuluh restoran khas Makassar dalam mempromosikan produk kulinernya, kerja sama ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk mencoba ragam kuliner khas Makassar,”ungkap Danny.

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif (Disparekraf) Makassar menargetkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara sebanyak 6.751.700 dan wisatawan mancanegara sebanyak 123.326 hingga akhir tahun 2018.

“Dari angka diatas diharapkan 98 persen diantaranya bisa mencicipi kuliner khas Makassar dan mampu mendongkrak lebih banyak lagi usaha kuliner,”kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar Rusmayani Majid.

Vice President Regional Public Policy and Goverment Relations GO-JEK, Damar Juniarto menambahkan hingga saat ini, GO-FOOD telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 250 ribu merchant di seluruh Indonesia, 80 persen diantaranya merupakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

“Melalui kerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Makassar ini, kami ingin merangkul lebih banyak lagi pelaku kuliner lokal untuk bergabung dan memberikan nilai tambah bagi produk kuliner andalannya,”ujarnya.

Ia optimis dengan bergabung menjadi merchant GO-FOOD, pemilik restoran akan sangat dimudahkan dengan perluasan akses pasar dan efisiensi operasional karena mereka tidak perlu menyediakan armada sendiri untuk pesan-antar produknya kulinernya.

“Kerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Makassar ini merupakan kerja sama GO-FOOD yang pertama dengan institusi pemerintahan di Indonesia. Kami bangga keberadaan GO-JEK saat ini dianggap memiliki dampak yang positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,”ungkapnya.

Damar berharap kedepannya semakin banyak lagi kerja sama yang tercipta sehingga dapat sekaligus mempercepat pembangunan ekonomi bangsa, terutama melalui sektor industri kuliner.

Pada kesempatan yang sama, Strategic Regional Head Kalimantan & Sulawesi, Anandita Danaatmadja menambahkan saat ini, sudah banyak merchant yang berhasil berkembang lebih besar dengan hadirnya infrastruktur dari GO-FOOD.

Setelah bergabung hasilnya rata-rata transaksi mereka juga mengalami peningkatan hingga 29 kali.

“Yang membedakan GO-FOOD dengan layanan pesan-antar makanan lainnya adalah pilihan merchant yang beragam serta ketersediaan GO-FOOD di lebih dari 140 kota di Indonesia,”ujarnya.

Selain itu kata Anandita jangkauan pemesanan GO-FOOD juga luas, sehingga masyarakat dapat membeli kuliner yang diinginkan dari mana saja asalkan tidak lebih dari 25 kilometer.”

Penandatanganan kerja sama antara GO-FOOD dengan Dinas Pariwisata Kota Makassar ini diselenggarakan bertepatan dengan acara “Kanrerong Rikarebosi” yang merupakan salah satu program Explore Kuliner Makassar yang bertempat di Lapangan Karebosi Makassar.

Selain dapat melihat ragam kuliner khas Makassar melalui layanan GO-FOOD, para pecinta kuliner lokal juga dapat mengetahui sejarah dan cerita singkat dilengkapi ilustrasi menarik dari berbagai produk kuliner khas Makassar yang dapat ditemukan di berbagai lokasi, seperti hotel, bandara, dan lokasi-lokasi wisata lainnya di Kota Makassar. (*)

 

Editor : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.