UMI, Kampus Diluar Pulau Jawa Mendapat Akreditasi A dari BAN-PT

Makassar.daulatrakyat.id.Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar patut berbangga karena telah menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) pertama yang meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Negara – Perguruan Tinggi (BAN-PT) diluar pulau Jawa melampaui PTS lainnya.

Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI), Prof Dr Basri Modding dalam pemaparannya menyampaikan bahwa pencapaian akreditasi tersebut tentunya kerjasama antar semua pihak civitas akademika UMI.

Adapun untuk mendapatkan akreditasi tersebut butuh perjuangan dan proses panjang.

“Untuk meraih akreditasi A ini tidak cepat, butuh waktu dan proses yang panjang dalam meraihnya.Ini juga berkat kebersamaan dan kerjasama masing masing civitas akademika UMI,”ujarnya di Menara UMI, Kamis (20/12/18).

Atas dasar itulah ia mempersiapkan beragam inovasi yang berkaitan dengan distribusi informasi pada semua kampus UMI. Pihaknya juga mengimbau kepada 13 dekan Fakultas UMI melakukan recovery dengan menambah dosen pengajar yang jago teknologi.

Kedepannya kata dia bakal ada 4 provider yang akan digunakan dalam sebagai salah satu alat penunjang teknologi Mahasiswa dalam kampus tersebut.

“Untuk update informasi saya kira memang butuh biaya besar namun akan kita usahakan demi memenuhi kebutuhan informasi kita,”ungkapnya.

Sementara Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin menjelaskan jika ada tujuh standar penilaian sehingga UMI bisa meraih akreditasi tersebut.

Ia menyebutkan salah satu standar tersebut adalah produktivitas kampus atau kinerja kampus. Seperti, jumlah guru besarnya, penelitiannya, dan prestasi mahasiswanya. Begitu juga dengan alumninya yang bisa menjadi suatu penilaian.

“Makanya saya katakan informasi itu sangat penting apalagi diberitakan, otomatis kepercayaan masyarakat akan menyerahkan anak-anaknya belajar di perguruan tinggi,”kata Jasruddin

Selain itu ia menambahkan jika terdapat beberapa perguruan tinggi juga digadang-gadang untuk mendapatkan akreditasi serupa, seperti Unismuh, Unifa, UIN, dan UKI Paulus.”Itu semua perguruan tinggi yang berpeluang mendapatkan akreditasi A,”bebernya.

Dijelaskan Jasruddin UMI dilengkapi fasilitas kampus yang tidak dimiliki oleh kampus lain. Yaitu Padang Lampe, yang memberikan bekal yang cukup baik bagi mahasiswa.

“Bahkan BAN-PT pun mengakui, 10 tahun terakhir ini UMI itu eskalasi demo mahasiswanya turun sekali. Salah satu dampaknya, mahasiswa dibina mentalnya di Padang Lampe, dan itu tidak dimiliki oleh perguruan tinggi yang lain,”terangnya.

Adapun batas waktu hanya lima tahun akreditasi A tersebut.

“Jadi pihak kampus harus senantiasa menjaga indikator diatas agar bisa mempertahankan status akreditasinya dimana tata kelola yang baik menjamin sistem visibility yang baik pula,”lanjutnya mengakhiri.

 

Penulis : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.