Oleh : Muslimin.M
Kualitas kurikulum dan kualitas pendidikan sangat terkait erat bahkan saling terikat. Kurikulum yang baik harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan dunia pendidikan, memberikan landasan yang kuat dalam pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kondisi zaman. Kurikulum yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyediakan pedoman yang jelas bagi tenaga pendidik, memotivasi siswa dan mempersiapkan mereka untuk masa depannya.
Transformasi kurikulum mengacu pada perubahan signifikan dalam struktur, konten, dan pendekatan pembelajaran suatu kurikulum. Ini bisa melibatkan penyesuaian kurikulum untuk mencerminkan perkembangan dalam pengetahuan dan teknologi, serta untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan pendidikan yang berubah. Perubahan semacam itu sering kali ditujukan untuk meningkatkan relevansi, efektivitas, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Transformasi kurikulum bisa dikatakan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi berbagai tantangan dalam pendidikan seperti kurangnya relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri, kurangnya keterlibatan siswa dan terjadinya kesenjangan keterampilan. Hal ini tentu tidak bisa diabaikan sebab salah satu kunci keberhasilan pendidikan adalah semakin banyaknya output pendidikan terserap di dunia kerja atau mampu menciptakan lapangan kerja baru sesuai bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.
Lalu, alasan apa yang mendorong sehingga kurikulum harus bertransformasi ?, Pertama: relevansi dengan kebutuhan industri, dengan mengubah kurikulum untuk mencerminkan perkembangan terbaru dalam industri dan teknologi, siswa akan lebih siap untuk memasuki dunia kerja dan berkontribusi secara efektif. Kedua: pemupukan keterampilan yang relevan, kurikulum yang diperbaharui dapat menekankan pengembangan keterampilan yang penting dalam era digital, hal ini tentu sangat penting sebab hampir semua aspek kegiatan didunia kerja sudah berbasis digital dengan teknologi kekinian.
Dengan melihat argumentasi diatas maka dapatlah menjadi perenungan bagi kita bahwa betapa kondisi zaman dengan berbagai dampak yang ditimbulkannya di berbagai aspek termasuk aspek pendidikan sungguh sangat mempengaruhi dan berbeda, dan itu artinya bahwa dunia pendidikan kita mesti juga menyesuaikan kondisi itu jika tidak ingin tertinggal atau ditinggal. Transformasi kurikulum bisa dikatakan sebagai salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mempersiapkan siswa untuk masa depannya yang lebih kompleks.
*Kualitas pendidikan menjadi lebih baik*
Transformasi kurikulum bukan hal yang tabuh di sempurnakan dan bukan pula kitab suci yang haram untuk diperbaiki, kurikulum mesti fleksibel dan tidak kaku sebab kondisi dan tuntutan zaman menjadi salah satu alasannya. Kualitas pendidikan tentu akan sangat ditentukan oleh kualitas kurikulumnya, jika kurikulumnya berkualitas maka tentu kualitas pendidikan akan berkualitas pula, kualitas tentu tolok ukurnya bukannya di proses tetapi juga di output termasuk di outcame dan impacknya.
Tentu ada beberapa hal penting yang mesti kita perhatikan dalam transformasi kurikulum, seperti tentang tujuan pendidikan, konten kurikulumnya, metode pembelajarannya, teknologi pendidikan, kolaborasi dan kemitraan, hal hal ini menjadi sangat krusial ketika kurikulum itu harus di revisi dan menjadi poin utama dalam menentukan kualitas kurikulum itu sendiri, apalagi tujuan akhirnya adalah tentang bagaimana kualitas pendidikan bisa meningkat dan outputnya mampu menjadi pemain utama.
Tentu ada banyak argumen logis, mengapa transformasi kurikulum berkaitan dengan meningkatnya kualitas pendidikan ?, Pertama : relevansi materi pembelajaran dan keterampilan, penyesuaian kurikulum dengan perkembangan terkini dalam berbagai bidang studi, siswa akan belajar topik yang lebih relevan dan berdaya guna, pengembangan keterampilan kritis, solutif, kolaboratif dan kreatif. Kedua: integrasi teknologi dalam pembelajaran, pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran, siswa dapat mengakses sumber daya yang lebih luas, mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan mempersiapkan teknologi dalam kehidupan mereka.
Dengan menggabungkan semua aspek diatas, maka transformasi kurikulum tentu diyakini dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih berarti dan relevan bagi siswa, serta dapat membantu mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di dunia kerja yang terus mengalami perubahan . Transformasi kurikulum dapat juga membantu meningkatkan aksesibilitas dan kesetaraan pendidikan dengan memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama terhadap kurikulum yang relevan dan berkualitas
Kualitas kurikulum dapat mempengaruhi kualitas pendidikan secara signifikan, hal ini tentu sangat tergantung sejauh mana perubahan itu memperbaiki kurikulum sebelumnya, apakah lebih relevan dengan kebutuhan siswa dan pasar kerja, dan apakah didukung oleh pelatihan yang memadai bagi guru dan tenaga kependidikan. Karenanya menjadi penting bagi kita bahwa transformasi kurikulum dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan adalah keniscayaan sepanjang perubahan itu benar benar mengarah ke yang lebih baik, bukan karena kepentingan tertentu yang justru dapat merusak sistem pendidikan yang ada.(*)