Tonjolkan Wisata Bahari (Maritime) Poltekpar Makassar Tuan Rumah Gelaran FITE

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Kedutaan Perancis dan IFI kerjasama Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menggelar konferensi Forum For International Tourism and The Environment (FITE) 2019 di Balairung I Wayan Bendi, Kampus Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar, Jl Gunung Rinjani No 1, Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (2/5/2019).

Kegiatan ini dihadiri langsung pembicara nasional dan internasional yang bergelut dalam bidang Pariwisata seperti Naniek Herkantiningsih, Ronan Le Baccon, Andi Januar, M Riza Asha Damanik dan lainnya.

Hadir pula sejumlah petinggi dan peserta yabg berasal dari Mahasiswa perwakilan Universitas dibawah kementrian pariwisata dan Universitas Udayana Bali
pertama kali digelar di Makassar dari empat kali penyelenggaraan.

Plt Direktur Utama Politeknik Pariwisata Makassar Muhammad Arifin mengatakan kegiatan tersebut merupakan yang pertama kalinya digelar di Makassar dari empat kali penyelenggaraan.

“Ini merupakan wujud kerjsama kemenpar dan Kementrian Pariwisata yang digelar untuk mempromosikan potensi wisata bahari di Sulsel dan umumnya di Indonesia,”ujarnya.

Beberapa mahasiswa yang sudah lolos seleksi membawakan materi yang terkait dengan potensi pariwisata bahari dan hasil-hasilnya bagi masyarakat disekitas pesisir.

“Disini stake holder dalam hal ini masyarakat dan pelaku pariwisata dan mahasiswa melakukan diskusi bagaimana mengangkat potensi daya tarik wisata bahari dalam mengundang wisatawan domestik maupun mancanegara di Sulsel khususnha di Indonesia,”tambah Muhammad Arifin.

Menurutnya potensi wisata bahari dan pelestariannya akan terjaga dan terangkat apabila sinergitas dan partisipasi stakeholder termasuk masyarakat pesisir dan akademisi mampu ditingkatkan.

“Saya kira penyadaran masyarakat yang harus selalu siap mengelola bahari dengan baik,dimana kebersamaan akan menimbulkan daya tarik tersendiri bagi potensi wisata bahari di Sulsel umumnya di Indonesia,”sebutnya

Ia bersyukur karena Mahasiswa Poltekpar Makassar juga ikut memaparkan presentasi materi yang terkait wisata bahari di Indonesia.Satu orang peserta asal Poltekpar Makassae berhasil membawakan materinya dengan cukup baik ditambah nilai plus karena dibawakan menggunakan bahasa Inggris.

Ada 10 orang kandidat dari Poltekpar Makassar yang ikut seleksi presentasi di ajang FITE tersebut namun cuma 1 orang yang terjaring.9 orang lainnya materinya tidak relevan dari hasil uji dan seleksi yang dilakukan panitia penyelenggara.

Mahasiswa yang melakukan presentasi berasal dari kampus dibawah naungan Kemenpar dan Universitas Udayana Bali.

” Saya kira ini adalah wadah untuk mengangkat Sumber Daya Manusia (SDM) Poltekpar Makassar dimana 8 Prodi didalam masing-masing mengambil bagian didalamnya hingga terlaksananya kegiatan tersebut,”jelasnya.

Ia menyebutkan mulai dari prodi Tata Boga, Tata Hidangan,Dekorasi hingga Manajemen perjalanan semua dilakukan oleh mahasiswa Poltekpar Makassar.

“Kuncinya kebersamaan.Sekali lagi kita buktikan kalau kampus kami memang berkompeten dibidangnya,”pungkasnya.

Diketahui Poltekpar Makassar sudah mendapat pengakuan dari badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.Bahkan ada 3 prodi yang sudah mendapatkan akreditasi A dan selanjutnya akan menyusul prodi lainnya.

“Alhamdulillah ada 3 yang sudah terakreditasi A.Suatu kebanggan yang harus kita syukuri hasil dari sinergitas dan kebersamaan yang dibangun dalam lingkup kampus kami,”tuturnya.

Ia berharap kebersamaan dan sinergitas dalam kampus akan terus ditinggkatkan sebagai bukti hingga mampu melahirkan SDM yang berdaya saing dan siap kerja.

Selanjutnya pihaknya akan melakukan review kurikulum, review Mahasiswa agar tahu tingkat keahliannya, dan mereview kajian harus relevan dengan sikon saat ini.

Untuk diketahui sudah ada 500 mahasiswa yang akan ikut seleksi SMBPTNP dimana
60 persen dari peserta yg ikut seleksi selanjutnya akan dijaring kewat tes kesehatan jika gagal di kesehatan maka tidak lulus.


Report By Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.