Tingkatkan Nasionalisme, Satgas TMMD Sosialisasikan Bela Negara

Makassar.daulatrakyat.id.Dandim 1401/Majene, Letkol Inf Rahman Tamampu Leho M.Si selaku Dansatgas TMMD ke 102, memberikan sosialisasi tentang peran TNI dalam pembinaan bela negara bertempat di Aula Kantor Desa Bambangan Kecamatan Malunda kabupaten Majene (18/7/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri Mahasiswa KKN Unhas, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan generasi muda serta perangkat pemerintah Kecamatan Malunda.

Letkol Inf Rahman Tamampu Leho M.Si, mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beraneka ragam suku, agama, ras dan bahasa.

Indonesia merupakan Negara yang kaya dengan sumber daya alam sehingga banyak dari negara lain yang ingin mengusainya.

“Ada empat poin penting yang menjadi konsensus dasar bangsa ini yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika”, jelasnya.

Dijelaskan Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat.

“Sedangkan Esensi nilai-nilai Pancasila adalah Nilai Religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan,”ujarnya.

Untuk itu kata dia keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang besar kumpulan Suku Bangsa, ras, Bahasa,Tapak Budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keragaman harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI,

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa bangsa Indonesia ini lahir dari keberagaman, berbagai etnis kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar ummat beragama.

“Sesuai semboyan bangsa kita sudah sangat jelas, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang mengandung arti Walaupun kita berbeda tetapi tetap satu jua,”paparnya.

Menurut salah satu sendi yang menjadikan berdiri dan kokohnya bangsa Indonesia karena adanya rasa kebangsaan. Bangsa Indonesia merupakan salah satu Bangsa yang paling kompleks.

Mengapa demikian kompleks, karena terdiri dari berbagai Suku, Bahasa, Ras, Golongan serta Agama yang sedemikian majemuknya.

Salah satu tokoh pemuda atas nama Akbar menyambut baik pelaksanaan sosialisasi bela negara, “kami para pemuda desa dapat memahami arti pentingnya berbangsa dan bernegara dalam ikatan persatuan kesatuan dalam Bhineka Tunggal Ika”,terangnya.(*).

 

Editor : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.