Tabayyun dan Silaturrahmi Bersama Awak Media

Oleh : Salim Majid

Satu lembar undangan meluncur di grub watshap Humas Polda Sulbar. Undangan silaturrahmi dan buka bersama Kapolda Sulbar,serta pejabat utama Polda Sulbar dengan para awak media.

Silaturrahmi itu rencananya akan di gelar di D Maleo Hotel pada Jumat,25 Mei 2018 mendatang.

Dalam undangan tersebut nampak sedikit agak berbeda sebelumnya. Kali ini Humas Polda Sulbar memberi ketegasan pada awak media yang tergabung dalam organisasi pers.

Silaturrahmi ini tentu patut diapresiasi dengan melibatkan semua awak media yang tergabung dalam beberapa organisasi pers.

Momentum silaturrahmi bisa menjadi perekat dan duduk bersama kepada semua awak media dan Polda Sulbar untuk mengurai satu persoalan demi tujuan yang mulia.

Pertemuan itu bisa dimknai sebagai satu korelasi dalam membangun hubungan interkoneksi kepada manusia (awak media). Dan hubungan kepada sang pencipta (Allah).

Bulan ramadan tak hanya segedar menahan lapar dan haus. Tapi lebih pada konsistensi manusia dalam memanusiakan manusia. Disana juga akan terbuka untuk saling memaafkan. Membuka sekat dan perbedaan sama halnya membuka pintu Surga.

Menyamakan satu persepsi seorang pewarta.Persepsi dalam konteks tabayyun merupakan tujuan kita bersama. Artinya produk berita harus selalu tabayyun dalam menangkal hoak dan ujaran kebencian.

Media dituntut untuk melawan radikalisme dengan cara Tabayyun. Sebab tabayyun itu diajarkan dalam Islam.

Dalam konteks islam tabayyun juga memiliki makna mencari kejelasan dan kebenaran. Namun dalam konteks berita Tabayyun bisa di manefestasikan pada profesionalisme.

Menyeleksi dan meneliti satu kebenaran informasi yang dalam bahasa jurnalistik disebut verifikasi atau cek dan ricek kebenaran informasi itu sebelum di publis dan konsumsi oleh publik.

Tabayyun juga merupakan alat yang ampuh untuk terhindar dari Jastifikasi kepada seseorang (mendsholimi).

Semoga silaturahmi di Bulan suci ini dapat membangun sifat tabayyun tanpa ada yang terluka.(*)

Ilustrasi

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.