Sumarsono Dorong Riset Untuk Lahirkan Inovasi

*Buka Rakor Kelitbangan Provinsi Sulsel

Makassar.daulatrakyat.id.Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan membuka kegiatan Rapat Koordinasi Kelitbangan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018 di Hotel Four Point by Sheraton, Kamis (30/8).

Rakor Kelitbangan ini mengangkat tema “Inovasi Untuk Pembangunan yang Inklusif di Sulawesi Selatan”.

Sumarsono dalam arahannya melihat terdapat fenomena dalam negeri dimana riset dan pengembangan belum dianggap sebagai sesuatu yang penting dan istimewa.

“Fenomena kita aneh, bedanya di dalam negeri dan luar negeri. Luar negeri di riset dan development disitulah orang pintar dan terbaik. Litbannya bagus. Sehingga ketika orang dipromosikan di Litbang bangga tepuk dada, bangga, disini juga tepuk dada tapi kemudian batuk, karena mukul dadanya terlalu keras” kata Sumarsono yang langsung disambut tawa.

Salah satu hal yang juga ditemukan adalah bagian Litbang daerah juga berkembang karena tidak memberikan ruang dan menghargai keberadaan Balitbanda.

Sumarsono juga mengatakan peneliti untuk tidak takut untuk memberikan inovasi. Karena dari risetlah dapat dihadirkan inovasi.

“Semua tindakan yang sifatnya inovatif itu tidak harus berhasil, kalau gagal itu juga suatu kesimpulan, peneliti bisa salah tetapi tidak boleh bohong,” sebutnya.

Ia juga meminta agar, para periset dan peneliti untuk tidak usah khawatir karena mereka dilindungi oleh Undang-Undang. Ia juga harus berharap penelitian dilakukan dari tingkat bawah seperti tingkat sekolah-sekolah.

“Saya kemarin terkesima waktu ke Sinjai, pelajar Sekolah Menengah Atas disana menemukan alat penyulingan air laut,” ujarnya.

Ia juga menceritakan hadirnya inovasi dari daerah Sulsel. Misalnya dari Kota Palopo, telah dilaunching sebuah telur dengan nama “telur libido”.

“Saya sudah lapor ke Presiden dan Kapolri. Saya juga meminta coba lihat komposisinya, memang beda,” ungkapnya.

Para peneliti, Ia harapkan dapat mengikuti perkembangan zaman. Apalagi saat ini masuk dalam era revolusi Industri four point zero (4.0).(*)

 

Editor : Nina Annisa

 

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.