Sumarsono Dorong Gubernur- Wagub Sulsel Terpilih Sampaikan Visi-Misi

Makassar.daulatakyat.id.Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono menghadiri Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda pengumuman hasil penetapan KPU Provinsi Sulawesi Selatan terkait pasangan calon terpilih Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2018 di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, pada, Selasa (31/07/2018).

Rapat Paripurna Istimewa dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sulsel H. Moh. Roem.

Rapat ini dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulsel, Para Kepala OPD Pemprov Sulawesi Selatan, Para Ketua/Kepala Instansi Vertikal Provinsi Sulsel, Para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di Makassar, Komisioner KPU Provinsi Sulsel, Komisioner Panwaslu Provinsi Sulsel, Para Ketua DPD/DPW Partai Politik di Sulsel, Para Ketua Organisasi Masyarakat Agama dan Kepemudaan.

“Saya menyambut gembira atas diselenggarakannya sidang paripurna istimewa pengumuman pasangan calon terpilih hasil pemilihan kepala daerah serentak yang ketiga di Provinsi Sulawesi Selatan ini,” kata Sumarsono.

Setelah melalui sidang KPU daerah Sulawesi Selatan dilanjutkan pengumuman yang dilakukan DPRD Sulawesi Selatan menetapkan pasangan Nurdin Abdullah sebagai Gubernur Sulawesi Selatan dan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

“Seluruh proses rangkaian yang ada di Sulawesi Selatan, adalah sesuatu yang menggembirakan, seluruh proses berjalan lancar, aman, nyaman dan damai. Yang lebih hebat lagi adalah tiga paslon lainnya, atas unggulnya pasangan calon nomor tiga ini dapat secara legowo menerima dan memberikan dukungan sepenuhnya,” sebutnya.

Sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Ia menyampaikan terima kasih atas kedewasaan dan kematangan dalam berpolitik selama proses Pilkada dilaksanakan di Sulawesi Selatan.

Ia juga mengingatkan pada NA-ASS jika setelah dilantik pada 17 September 2018 agar sesegera mungkin untuk menjadwalkan penyampaian visi dan misi di depan sidang paripurna DPRD.

“Budaya ini untuk memberikan sebuah penekanan dan apapun mekanisme dan metode pemilihan yang ditempuh, yaitu metode pemilihan langsung, namun pada hakikatnya Provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki wakil wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat dan itulah DPRD Provinsi Sulawesi Selatan,” paparnya.

Soni dalam sambutannya mengatakan bahwa membangun kesamaan visi-misi dengan seluruh anggota DPRD menjadi sangat penting karena pada bulan ini akan memasuki tahapan-tahapan krusial dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang juga akan dibahas dengan DPRD.

Penyampaian visi dan misi gubernur dan wakil gubernur terpilih menjadi sangat penting oleh karena itu, Sumarsono mengusulkan jika diterima oleh Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih jadwalkan sebelum pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih 20 September 2018. Waktu yang disarankanya adalah pada tanggal 19 September mendatang.

Ia merasa terhormat karena pada sidang paripurna ini diberikan kesempatan untuk memberikan kata sambutan.

Ia memuji DPRD Sulsel karena Rapat Paripurna ini merupakan yang tercepat ke dua di Indonesia setelah Jawa Barat. Demikian juga dengan para penyelenggara Pilkada Serentak ini.

“Sulawesi Selatan luar biasa, sekali jalan tak ada proses di MK. KPU dan Bawaslu bekerja dengan baik. Hal ini terbukti di Sulawesi Selatan khususnya DPRD ini adalah DPRD yang kedua melakukan Paripurna setelah Jawa Barat ini kedua tercepat,” ujarnya.

Sementara, HM Roem, menyampaikan, pihak DPRD akan selalu siap dengan jadwal pertemuan yang ditawarkan.

“Kami telah sepakat kapan saja Gubernur dan Wakil Gubernur mau bertemu dewan kami siap. Karena kami mempunyai tujuan yang sama, untuk kepentingan rakyat,” sebutnya.

Sedangkan Wakil Gubernur Terpilih Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, terkait rencana pertemuan tersebut, Ia akan berkoordinasi dengan Gubernur Sulsel terpilih Nurdin Abdullah terlebih dahulu.(*)

 

Editor : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.