Studi Tiru SIMRAL, PemKab. Luwu Utara ke Banyuwangi.

Lutra, Daulatrakyat. id — Menindak lanjuti rekomendasi KPK, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara merencanakan Study Tiru pengelolaan aplikasi sistem informasi manajemen perencanaan, penganggaran dan pelaporan (simral) di Kabupaten Banyuwangi.

Kadis Kominfo Arief R. Palallo mengungkapkan aplikasi simral adalah perpaduan e planning dan e budgeting

“Alasannya kami kesana yakni menerapkan salah satu dari pada rekomendasi KPK,” ungkap Arief di ruangannya, Selasa (15/01)

Menurutnya, aplikasi simral yang terbaik di Indonesia adalah milik Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

“Kami kesana tentu dengan pimpinan daerah yakni Bupati, untuk melakukan MoU di sana, untuk transper teknologi aplikasi itu ke Luwu Utara. Karena aplikasi ini yang terbaik di seluruh indonesia,” terang Arief.

Rencana lanjut Arief, kalau tidak ada halangan tanggal 17/01 penanda tanganannya MoU dengan Bupati Banyuwangi, kami dgn beberapa kadis dan beberapa kasub. perencanaan dan pelaporan untuk melakukan langsung pelatihan-pelatihan tentang aplikasi. termasuk DPRD kita juga undang

“Jadi SKPD yang terkait langsung di dalamnya Bappeda, DPKAD, PU, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan untuk di bawa kesana melakukan study tiru,” ujarnya.

Arief menyebutkan, sekarang ini bukan lagi study banding karena study banding. Menurutnya, study banding tidak ada hasilnya tetapi kalau study tiru apa yang di lakukan itu bisa di tiru di bawa ke daerah.

“Menurut KPK salah satu peluang terjadinya korupsi itu bisa di mulai dari perencanaan, yang tidak terencana dengan bagus, ada usulan tiba-tiba datangnya dari mana. Dengan adanya aplikasi ini maka tidak ada lagi yang bisa lewat jendela semua memang berawal dari pada hasil usulan masyarakat melalui desa,” Pangkasnya. (jal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.