Silaturrahmi Akhir Tahun Bank Indonesia (BI) dan Media Sulsel

*Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2019 BI Optimis Bisa Mencapai 5,4 Persen

Makassar.daulatrakyat.id.Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Selatan menggelar Silaturrahmi tahunan bersama sejumlah media Makassar di Kafe The Boss Makassar kemarin (27/8/2018).

Bambang Kusmiarso Kepala Kantor BI Sulsel memaparkan kinerja BI sepanjang tahun 2018 pencapaian  yang merupakan tahun politik namun tak berpengatuh signifikan bagi kinerja sejumlah Perbankan di Sulawesi Selatan.

Salah satu program BI yang meningkat signifikan adalah realisasi penggunaan uang elektronik jalan Tol mengalami peningkatan hingga 60 an persen begitu juga dengan langkah pengendalian inflasi kerjasama dengan Tim Pengendalian Inflasi pemerintah kota/kabupaten di Sulsel juga berjalan baik dan lancar.

“Alhamdulillah hampir semua berjalan baik dan lancar.Uang elektronik Jalan Tol yang tadinya cuma 40 persen namun pada tanggal 10 November lalu total 100 persen penggunaan uang elekyronik khusus Jalan Tol,”papar Bambang.

Salah satu program Bi dan TPID yabg disebut Nongky alias Nongkrongki juga berjalan sesuai harapan.Dari Nongky kita saling sharing terkait situasi dan kondisi perekonomian daerah.

“Kita berharap inflasi sulsel tetap bisa terjaga dan terkendali karena sgt berpengaruh pada masyarakat berpenghasilan tetap,”kata Bambang.

Dikatakan Bambang adapun pengembangan ekonomi Syariah juga tumbuh positif dengan harapan masyarakat bisa memanfaatkan faedah ekonomi syariah.Seperti kita ketahui ekonomi Syariah bukan cuma untuk agama tertentu namun ada faedah dan qiroh yang dapat kita liat disitu.

“Alhamdulillah tanggapan sejumlah pesantren Sulsel cukup baik dan saya kira juga tumbuh positif.Secara penampakan dan analisisnya ada peningkatan karena ada sesuatu yang beda yang coba ditawarkan disana ,”kata Bambang menambahkan.

Begitu juga kegiatan Genbi (Generasi Baru Indonesia) semua berjalan baik.

“Kegiatan terakhir di Barombong dan Rammang-Rammang juga berjalan lancar.Yang pasti Apapun bentuknya kita etap dukung pariwisata karna banyak pemberdayaan ekonomi masyarakat disitu,”ungkap Bambang.

Untuk penukaran uang,khusus Tahun Baru BI tetap buka hingga minggu jam 8 sampai jam 12.

Pihaknya menyediakan penukaran uang dilihat dri angka proyeksi perbankan hampir 2.8 Triliun sebelumnya hanya Rp2.1 Triliun.

“Terjadi peningkatan sebesar 4 persen.Realisasi 7 persen dari tahun lalu,dimana tahun sebelumnya sebesar 14 persen peningkatannya,”jelasnya.

Untuk proyeksi pertumbuhan ekonomi secara Nasional 2019 sebesar 5 sampai 5,4 persen artinya potensi ekonomi untuk Indonesia dan Sulsel hampir sama.

“Tantangan pertumbuhan ekonomi tahun pemilihan presiden dan legislatif,harapan kita semua berjalan baik dan lancar,”terangnya.

Silaturrahmi diakhiri dengan pemberian hadiah pada tiga orang jurnalis pemenang lomba fotografi Bank Indonesia.

 

Penulis : Nina Annisa

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.