Search
Close this search box.

Satu Dekade MCN,Honda dan Pemkot Makassar Terus Bangun Kolaborasi Tingkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Makassar

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Masuk dan menjadi salah satu dari daftar highlight Karisma Event Nusantara dari Kementrian Pariwisata, Makassar Culinary Night kembali lagi untuk merayakan satu dekade diadakannya acara yang memiliki tujuan untuk mendukung UMKM Makassar di bidang kuliner.

Sungguh menjadi suatu kebanggaan bagi Makassar Culinary Night untuk bisa masuk dalam daftar atraksi unggulan pariwisata berbasis event dari Kementerian Pariwisata yaitu Karisma Event Nusantara. Karisma Event Nusantara sendiri merupakan salah satu strategi kolaborasi

Kementerian Pariwisata dengan daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas yang bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif, meningkatkan kunjungan wisatawan, pemberdayaan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, social budaya, dan lingkungan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Dalam perayaan Makassar Culinary Night 1 dekade mendatang, dengan mengangkat tema “Rasa Rumah 10 Tahun 10 Cerita” Makassar Culinary Night ingin mengajak kembali para pengunjung untuk mengulang dan mengingat cerita-cerita dan pengalaman apa saja yang pernah di rasakan tentang Makassar Culinary Night yang akan diadakan tanggal 25-27 April 2025.

Dimana nantinya juga akan dibuat zona spesial di area Makassar Culinary Night yang menjadi tempat berkumpul, beristirahat, dan menikmati pengalaman kuliner yang dikemas apik oleh Makassar Culinary Night. Tentunya tetap akan ada kolaborasi dengan musisi local seperti Voice Kids by Uya & Ati, Fandy WD, Teman Bermain, The Joeys, Dakochank, Rizcky de Keizer dan masih banyak lagi. Masih bertempat di lokasi Makassar Culinary Night terakhir, Monumen Mandala kembali menjadi pilihan untuk diadakannya event ini mengingat landmark-landmark kota Makassar selalu menjadi pilihan tempat diadakan Makassar Culinary Night.

“Kami akan selalu memastikan Makassar Culinary Night memiliki lokasi yang strategis dan sekaligus juga menjadikan event ini memiliki ciri khas yang dapat selalu diingat baik oleh pengunjung, salah satunya dengan diadakannya di landmark kota tercinta ini.” ujar Mistrianie selaku Founder Makassar Culinary Night.

Dibalik kesuksesan Makassar Culinary Night selama 1 dekade ini tentunya besar pula peran Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini, Dinas Pariwisata Kota Makassar yang selalu setia menjadi support systemnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Mohammad Roem mengatakan bahwa “MCN menjadi salah satu kegiatan yang bisa memberi kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi di Makassar melalui event kuliner”.

Makassar Culinary Night 1 Dekade untuk pertama kalinya akan menghadirkan 90 tenant makanan dan minuman yang merupakan hasil kurasi ketat dari total ratusan pendaftar yang masuk.

Tenant-tenant ini merupakan tenant terpilih yang akan menyajikan kuliner terbaik mereka untuk pengunjung yang datang selama tiga hari pelaksanaan event ini. Tidak meninggalkan kampanye less plastic sebelumnya, Makassar Culinary Night menghimbau semua tenant untuk berkreasi mengemas makanan dengan konsep ramah lingkungan menggunakan bahan-bahan yang dapat terurai atau didaur ulang, serta tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak lingkungan. Alternatif kemasanini dapat berupa bahan alami seperti daun, bambu, atau kertas, serta bahan-bahan yang dapat diurai secara biologis seperti selulosa atau pati.

Selain tenant makanan, akan ada activities yang jauh lebih banyak dari event sebelumnya dan pastinya ditunggu oleh pengunjung seperti personal color analysis, vision board, emotional painting, manual brew, perfume workshop, making blush, kids activity & magic hour storytime.

“Yang paling spesial kali ini adalah Makassar Culinary Night akan meluncurkan jingle barunya setelah 1 dekade diadakannya event ini,”ujarnya.

Suksesnya setiap event Makassar Culinary Night tentu tidak luput dari kehadiran Sponsor-Sponsor seperti Honda yang dalam kolaborasinya dengan Makassar Culinary Night kali ini akan mengadakan konvoi 1 Dekade Honda Makassar Culinary Night.

Marketing Communication Astra Motor Sulsel, Moh. Arif Reda, menjelaskan bahwa bergabungnya Honda menjadi Sponsor dalam event kuliner Makassar Culinary Night merupakan bentuk dukungan terhadap salah satu daya tarik Kota Makassar sebagai kota dengan kuliner yang enak di Indonesia.

“Paling penting bagi kami bagaimana terus hadir menyemarakkan MCN setiap tahunnya,”ungkapnya.

Adapun untuk memudahkan pengunjung Makassar Culinary Night dalam bertransaksi, bekerjasama dengan Bank BPD Sulselbar yang seperti sebelumnya menghadirkan layanan scan QRis bagi pengunjung Makassar Culinary Night yang ingin menikmati berbagai menu jajanan tanpa repot membawa uang tunai.

Hal ini sebagai bentuk dukungan perkembangan teknologi dari sektor pembayaran dan transaksi non tunai.

Sponsor Makassar Culinary Night yang tak kalah pentingnya adalah Inticreative, Grab, Teh Botol Sosro, Prima, Telkomsel, Prima Vision, Liad, Amsterdam Photography, Studio Sora, PaintUR Feeling, Beautiful Scents, Bee Kids, Tavi, dan Lagom yang turut mensukseskan pelaksanaan Makassar Culinary Night.

Gelaran Makassar Culinary Night selama tiga hari kami harapkan mendapat respon positif oleh masyarakat, sehingga kami menargetkan capaian transaksi hingga 2 Miliar dengan jumlah pengunjung mencapai 40.000 orang.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Official radio partner Makassar Culinary Night yakni Prambors Radio, dan Media Partner lainnya seperti Narasi TV, Komunitas Narasi, Supet, dan Madama Radio serta sejumlah Food Blogger yakni; @ngemil_lucu @makan2mks @nganre_rong @mksfoodbang @makassarkulinercom @makassargoeat dan @foodstudiomks

……

DPRD Kota Makassar.

355 SulSel

Infografis PilGub Sulbar

debat publik pilgub 2024

Ucapan selamat Walikota makassar

Pengumuman pendaftaran pilgub sulsel

Pilgub Sulsel 2024

https://dprd.makassar.go.id/
https://dprd.makassar.go.id/