MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Mengantisipasi lonjakan penumpang di musim Natal tahun ini dan menyambut Tahun Baru 2024, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan instasi pemerintah terkait lainnya, menyiapkan posko bersama di area pelabuhan.
Selain itu Pelindo Regional 4 juga menyiapkan terminal penumpang dan fasilitas pendukung lainnya dalam kondisi bersih. Serta menyiapkan pemeriksaan check point pada gate keluar masuk terminal penumpang.
Beberapa hal yang juga menjadi perhatian BUMN yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan ini adalah penyiapan sarana penunjang protokol kesehatan, kesiapan petugas dalam keadaan sehat, penyiapan ruang tunggu sementara di Pelabuhan Utama, dan kesiapan tenda jika terjadi lonjakan penumpang.
Sementara itu untuk call atau kunjungan kapal, dari 20 cabang pelabuhan di Regional 4, total call kapal periode H-15 sampai H+15 adalah 971 call. Di mana tiga cabang dengan jumlah kunjungan kapal terbanyak yakni, Pelindo Regional 4 Manado sebanyak 138 call kapal, menyusul Pelindo Regional 4 Ternate 126 kunjungan kapal, dan Pelindo Regional 4 Kendari sebanyak 92 kapal.
Tahun lalu menurut Enriany, pihaknya juga berkolaborasi dengan Tim Posko yang dibentuk KSOP di masing-masing pelabuhan cabang. “Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan angkutan Natal dan Tahun Baru 2022-2023 di 20 cabang berjalan lancar, aman, dan terkendali berkat kerja sama dan koordinasi dengan pihak dari unsur maritim, kesehatan, dan keamanan, serta pemerintah daerah setempat.”
Pihaknya berharap, pelaksanaan kegiatan angkutan Natal dan Tahun Baru di tahun ini juga sama seperti kondisi tahun lalu, bahkan bisa meningkat dengan monitoring dan pengawasan yang dilakukan dengan lebih maksimal lagi.
Division Head Pelayanan Operasi Pelindo Regional 4, Yusida M. Palesang menambahkan bahwa pihaknya memprediksi arus kapal dan penumpang meningkat sekitar 23% di musim Natal tahun ini dan Tahun Baru 2024.
“Pada musim Nataru 2022 lalu, jumlah penumpang mengalami pertumbuhan sebesar 163,04% dibandingkan Nataru tahun sebelumnya. Yaitu dari 422.494 orang, menjadi 688.831 orang pada musim Nataru tahun lalu,” jelas Yusida.
Sementara itu dari sisi arus kunjungan atau call kapal, Pelindo Regional 4 mencatat pertumbuhan sebesar 100,41% pada musim Nataru 2022, dibandingkan Nataru tahun sebelumnya.
“Yakni dari 967 call, menjadi 971 call kapal,” ucapnya.
Dia berharap di musim Nataru tahun ini, pihaknya bisa meraup pertumbuhan yang lebih baik lagi. “Semoga prediksi peningkatan presentasi tahun ini, baik untuk penumpang maupun call kapal bisa tercapai sesuai yang diharapkan bersama,” tutup Yusida.