Rumah Kreatifitas (RUAS) Wadahi Para Seniman Belawa,Kabupaten Wajo

Makassar.daulatrakyat.id.Rumah Kreativitas (Ruas) Belawa wadahi minat seni masyarakat, deklarasinya bakal digelar di Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, Juli mendatang. 

Rumah Kreativitas (Ruas) Belawa merupakan komunitas seni yang baru saja terbentuk, dinahkodai oleh Razak Nurzam alumnus Universitas Negeri Makassar (UNM). Ruas hadir untuk mewadahi minat seni masyarakat Belawa baik dari kalangan siswa (i), pemuda (i), penggiat seni, maupun masyarakat umum.

Untuk lebih memperkenalkan rumah kreativitas (Ruas) pada masyarakat luas, bakal digelar deklarasi yang mengusung tema Tanja’na Belawa (Kelebihan dari Belawa). Deklarasi tersebut bakal melibatkan pemuda dan siswa – siswi se Kecamatan Belawa.

Ketua Panitia Deklarasi Rumah Kreativitas (Ruas) Belawa, Wahyuddin Syam, mengakui deklarasi tersebut hanya berlangsung sehari. Namun, ada beberapa rangkaian kegiatan yang bakal digelar, termasuk Tarian Paduppa massal dipersembahkan oleh pelajar Belawa, pameran seni rupa, mural, permainan tradisional, hingga pementasan seni musik dan tari.

“Deklarasi rencananya digelar pertengahan tahun nanti. Persiapan sengaja dilakukan lebih awal, untuk lebih mematangkan acara. Kita ingin menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan, untuk lebih memajukan kesenian daerah,” ungkapnya, Senin, (14/1/2019).

Pada deklarasi nanti, pihaknya juga bakal menghadirkan jajaran stakeholder masyarakat, termasuk Camat Belawa, Kepala UPTD Kec. Belawa, Lurah dan Kepala Desa se – Kec. Belawa, organisasi kemasyarakatan, hingga instansi-intansi se-Kec. Belawa. Tentu, para simpatisan juga turut hadir memeriahkan acara.

Ketua Umum Rumah Kreativitas (Ruas) Belawa, Razak Nurzam  menambahkan dengan adanya Ruas Belawa ditengah-tengah kita,dapat lebih mengembangkan bakat dan minat masyarakat, khususnya di bidang seni.

Seperti diketahui Ruas ini telah dibentuk beberapa divisi sesuai dengan minat masyarakat itu sendiri, baik itu seni musik, seni tari, seni rupa, literasi, hingga desain dan miltimedia.

“Jadi kami sangat terbuka untuk masyarakat yang memiliki minat dalam bidang seni untuk bergabung bersama kami,” tandasnya.

Dimana ada banyak program yang bakal dilakukan oleh masing-masing divisi setelah deklarasi selesai.

“Masing-masing divisi telah mempersiapkan rancangan prokernya. Hanya saja, sementara ini kita fokus dulu pada persiapan deklarasinya,” tutupnya.(*)

 

Editor : Nina Annisa

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.