Ratusan Siswa Tengah Asyik Belajar Saat Bangunan Sekolah MI Ambruk

Mamuju.daulatrakyat.id-Bangunana Madrasyah Ibtidaiyah (MI) Al Syahid Al Hidayah yang terletak di tengah pebukitan dusun Pambombong Kelurahan Simboro Mamuju, Sulbar tiba-tiba Ambruk.Tiga siwa terluka.

Bangunan sekolah yang berusia 3 tahun itu terbuat dari kayu dan atap nipah dibangun pada tahun 2016 lalu.” Sekolah ini baru 3 tahun di bangun,” tutur Kepsek MI Abd Rasyid kepada daulatrakyat.id.

Saat peristiwa terjadi ada 154 siswa yang sedang belajar.”Kami begitu kager tiba-tiba bangunan roboh. Kejadiannya sekitar pukul 10.30 Pagi,” ujar salah satu guru yang ikut menegevakuasi siswanya saat kejadian.

Hasil pantauan daulatrakyat.id, sekolah tersebut tak layak di sebut sekolah. Namun semangat anak-anak untuk belajar disekitar kampung Pambombong patut di apresiasi.

Jalan yang terjal dan menelusuri jurang dengan jalan setapak yang menurun. Sekolah itu diapit oleh beberapa gunung dan berada didalam hutan.

Untuk mencapainya butuh tenaga sedkit. Dari kota Mamuju butuh puluhan km untuk mencapai sekolah tersebut.

“Saya sudah beberapa kali usulkan ke Kanwil Agama tapi sampai hari ini belum ada anggaran,” ujar Abd Rasyid.

Saat Siswa di evakuasi terperangkap dalam bangunan sekolah yang Amruk (dok:dok)

Abd Rasyid merupakan Kepsek MI Syahid Al Hidayah, Sekaligus sebagai Ketua Yayasan.

Dialah yang menginisiasi berdirinya MI di daerah Pambombong itu. “Alhamdulilah murid disini sudah mencapai 154,” ujarnya sesekali ia mengusap keringat didahinya. Maklum perjalana ke lokasi dengan sinar matahari yang cukup menyengat wajah. Panas.

Bangunan sekolah itu sudah rata dengan tanah. Dari dalam terlihat sejumlah kursi berserakan dan menyangga atap sehingga bangunan itu tak semuanya menyentuh tanah.

“Ya terpaksa kita carikan solusi. Karena murid-murid sudah tidak bisa lagi belajar disini,” keluhnya dengan nada memohon.

Dari halaman sekolah masih nampak tiang bendera dan merah putih itu masih berkibar di tengah bangunan MI yang sudah ambruk.

“Semoga ada perhatian pemerintah pak,” harapnya.

Jalanan Setapak Menuju MI Syahid Al Hidayah (Dok:DR)

Penulis :Salim Majid

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.