Rapat Pimpinan KPU se-Indonesia Kedua Digelar di Makassar,Soni Bangga Sulsel Jadi Percontohan

Makassar.daulatrakyat.id.Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar rapat pimpinan yang dihadiri oleh seluruh komisioner KPU provinsi se-Indonesia, di Hotel The Rinra JL. Metro Tanjung Bunga Kota Makassar, dan dihadiri oleh PJ gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono, Jumat (24/8/2018).

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapimnas KPU ini Soni Sumarsono mengaku bangga Sulsel dijadikan salah satu provinsi percontohan pilkada damai.

Kendati demikian Soni pun tak menampik jika ada sedikit kesulitan mengawal pengamanan pemilu di Sulawesi Selatan mengingat beberapa wilayah kabupaten kota di di Sulawesi Selatan mengalami konflik dalam penyelenggaraan Pilkada.

“Sebagai gubernur Sulawesi Selatan saya merasakan sendiri pilkada di Sulsel ini berat apalagi dalam mengawal pengamanan khususnya di Kota Makassar yang masuk Zona Merah,”ujarnya.

Zona merah yang dimaksud dimana dalam pilwali pertama dalam sejarah dunia Kotak Kosong menang telak meskipun banyak polemik di dalamnya namun kita bersyukur karena tetap aman dan kondusif.

Ia juga mengapresiasi kinerja KPUD Sulsel yang telah bertugas dengan baik sehingga pilkada berlangsung lancar tanpa kendala berarti .

“Terima Kasih saya kepada KPU RI atas segala bantuannya, Karena ketika di Kota Makassar atau di Sulawesi Selatan mengalami masalah pasti akan langsung ditanggapi oleh mereka,”kata Soni dalam sambutannya.

Usai opening ceremony dimana para peserta rapat disambut dengan tari pagellu asal kabupaten Tanah Toraja dan Toraja Utara Ketua KPU RI, Arief Budiman
pun menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh penyelenggara di Kota Makassar atas kesediaannya untuk menjadi tuan rumah dalam rapat pimpinan KPU se-Indonesia ini.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Kota Makassar yang sudah bersedia menjadi tuan rumah untuk rapat kedua ini,pelayanan yang sangat luar biasa,”ungkapnya.

Ketua KPU RI Arief di Macora Ball Room Hotel The Rinra Makassar Jumat (24/8/2018).

Untuk agenda Rapat Pimpinan kali ini hampir semua elemen alias anggota KPU
turut hadir dalam kegiatan tersebut, mulai dari pembuat undang-undang, pelaku, eksekutor,hingga posisi yang paling akhir sekalipun.

Lebih jauh Arief Budiman mengatakan jika
penyelenggaraan pemilu di Indonesia yang baik akan menjadi contoh bagi negara-negara lain.

“Kita di Indonesia termasuk negara dengan penyelenggaraan pemilu terbaik dimana beberapa negara yang sudah terinpirasi dengan kita dan menyatakan akan belajar tentang pemilu di Indonesia,”terangnya.

Rapat tersebut juga merupakan rapat evaluasi kinerja anggota KPU terkait apa-apa yang sudah dilakukan sebelumnya dan persiapan jelang pemilu 2019 baik itu pemilihan anggota legislatif maupun pemilihan presiden.

 

Penulis : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.