PT Vale Indonesia Penyumbang Nikel Terbesar di Indonesia

Soroako.daukatrakyat.id.Indonesia dikenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Salah satu material berharga yang terkandung di tanah Indonesia adalah nikel.

Nikel banyak dikombinasikan dengan logam lain untuk membentuk campuran yang dikenal karena fleksibilitas dan ketahanannya terhadap oksidasi dan korosi.

Logam ini mampu mempertahankan karakteristiknya bahkan dalam suhu ekstrem sekalipun. Nikel digunakan dalam berbagai produk, seperti televisi, baterai isi ulang, koin, peralatan makan bahkan gerbong kereta. Salah satu tambang nikel terletak di Sorowako, Sulawesi Selatan milik PT Vale Indonesia Tbk.

“Produk utama PT Vale Indonesia adalah nikel matte, bentuknya seperti pasir. Produk ini memiliki unsur nikel sebanyak 78%, cobalt 1%, sulfur 20% serta material lainnya,” ungkap Senior Manager of Communications PT Vale Indonesia Budi Handoko Senin (2/7/2018) di Soroako.

Dikatakan Budi adapun tingkat produksi tahunan rata-rata mencapai 75.000 metrik ton nickel matte. Lini produksi tersebut beroperasi dengan energi terbarukan yang dihasilkan oleh tiga pembangkit listrik tenaga air, yang secara keseluruhan menghasilkan 365 mega watt tenaga listrik.

“Saat ini,kita menjadi produsen nikel terbesar di Indonesia dan menyumbang 5% pasokan nikel di dunia,”kata dia.

Tahun lalu, Vale Indonesia berhasil menjual 77.643 nikel matte. Angka ini turun 2% dibanding penjualan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 78.976 ton nikel matte.

Penulis : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.