PT Unggul VS Kelompok Tani,Ibarat Luka Lama Tak Kunjung Sembuh

 

PT Unggul Blokir Jalan,Warga Baras Protes (foto: Joni)

Daulatrakyat.id,Mamuju-Kisru soal lahan sawit antara kelompok tani polamoto dengan pihak PT Unggul Widya Lestari seakan tak pernah berakhir.

Sengketa lahan sawit yang berlarut-larut sejak tahun 2003 lalu, kini berujung pada pemblokiran jalan di Desa Balanti,Baras,Mamuju utara,Sulbar

Ratusan warga Dusun Kopohu Mamuju Utara,bersenjata parang panjang mendatangi pos penjagaan Afdeling Baribi dan memaksa pihak perusahaan untuk membuka akses jalan agar bisa dilewati.

Klaim Pihak PT Unggul Widya Lestari atas kepemilikan lahan sawit milik kelompok tani setempat,terus menggelinding dari tahun ke tahun.

Ketengangan itu kembali memanas dan nyaris berujung bentrok pada Kamis,12 Oktober 2017.Dimana kelompok tani memaksa masuk ke areal lokasi yang di klaim milik PT Unggul.

Ketegangan itu mereda ketika pihak kepolisian Sektor Baras berupaya melakukan negoisasi

Ketua kelompok tani Polamoto Jabir mengancam akan menutup juga akses jalan di dusun Kapohu jika pihak PT Unggul tidak segera membuka akses jalan tersebut.

Jika akses jalan di Kapohu ditutup. Maka dipastikan mobil pengangkut minyak CPO milik PT Unggul tak akan bisa di lewati.

Secarah terpisah,Kapolsek Baras AKP Yohanis mengatakan,untuk mengantisipasi terjadinya bentrokan antara karyawan Perusahaan dengan Warga,pihak kepolisian Polsek Baras telah menurunkan sejumlah personil untuk mengamankan areal lokasi.

Penulis : Jon
Editor   : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.