Persoalan Krusial Tak Kunjung Tuntas Dibalik Kebakaran di Kasiwa Timur

Mamuju.daulatrakyat.id-Kebakan kemarin di pemukiman padat penduduk di Kasiwa Timur Mamuju telah mengepul berbagai persoalan klasik yang tak kunjung selesai.

Tata ruang kota dan regulasi izin mendirikan bangunan (IMB) ibarat luka lama yang tak kunjung sembuh.

Hari ini bantuan mulai mengalir ke korban kebakaran sebagai bentuk simpati, pemkab Mamuju dan sejumlah pihak telah megalirkan bantuaannya atas duka yang dialami warga atas peristiwa tersebut.

Rumah-rumah warga yang rata dengan tanah dan hangus terbakar seakan jadi saksi dari persoalan yang belum tuntas.

Dewan pendidikan Hajrul Malik yang ikut membantu korban menyebutkan, masalah pemukiman padat penduduk sebagai akumulasi dari tidak tuntasnya tata ruang kota.

” Ini menjadi PR kita bersama. Ruang lingkup yang padat penduduk di tengah kota begitu krusial dalam mengaturnya sejak awal,” ujarnya saat dimintai tanggapannya di lokasi korban kebakaran Senin, 27 Agustus 2018.

Selain itu, sebut dia regulasi IMB begitu penting agar warga tak seenaknya membangun. Akibatnya ketika terjadi kebakaran mobil pemadam tak bisa berbuat banyak. Karna inftrastruktur jalan tak mendukung untuk masuk ke lorong-lorong sempit.

Petistiwa ini, kata dia bisa menjadi evaluasi kedepan untuk bersama-sama memikirkan, terutama daerah pemukiman padat penduduk.

Puing-puing Rumah yang hangus terbakar di Kasiwa Timur Mamuju.

Penulis : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.