Permintaan Battrei Meningkat,Pacu Peningkatan Produksi Nickel Matte

Sorowako.daulatrakyat.id Semakin meningkatnya minat terhadap pengembangan mobil listrik di banyak negara menjadi peluang bagi PT Vale Indonesia Tbk untuk terus menggiatkan produksinya dengan meningkat kinerjanya sebagai salah satu perusahaan tambang Nickel Matte terbesar di dunia.

Senior Manager of Communications PT Vale Indonesia Tbk Budi Handoko mengatakan peningkatan permintaan nikel khusus baterai yang dipakai mobil listrik menjadi keuntungan bagi pihaknya. Pasalnya, hasil produksi Vale Indonesia berupa nickel matte memang menjadi salah satu bahan baku dalam pembuatan baterai.

Selain mobil listrik kata dia pengembangan energi terbarukan melalui pembangunan pembangkit listrik tenaga angin atau bayu (PLTB) dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) jadi peluang untuk Vale.

Begitu juga dengan mobil listrik, kedua jenis pembangkit tersebut sama -sama membutuhkan baterai dengan kapasitas yang besar.

“Sekarang type di mobil listrik. Tapi, yang namanya pembangkit listrik tenaga angin dan surya juga tidak bisa terlepas dari baterai,” ujarnya di area pertambangan Vale Indonesia di Sorowako, Luwu Timur Senin Kemarin (2/7/2018).

Dijelaskan Budi realisasi konsumsi nikel untuk baterai saat ini memang masih rendah. Dari kebutuhan nikel dunia yang sekitar 2,2 juta ton per tahun, yang dipakai untuk baterai masih sekitar 4% saja.

Kendati demikian tren peningkatan konsumsi untuk baterai terus mengalami peningkatan baij dari sisi produksi maupun pengguna.

“Kalau kita bandingkan lima tahun lalu mungkin cuma sekitar 1%-2%.Namun saat ini terjadi peningkatan pengguna,”terangya.

 

 

Penulis : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.