Search
Close this search box.

PEMIMPIN PENDIDIKAN MENUJU IBU KOTA BARU( IKN)

Oleh : Muslimin.M

Kepemimpinan pada hakikatnya merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk membina, membimbing, mengarahkan dan mengerakkan orang lain agar dapat bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemimpin perlu melakukan serangkaian kegiatan diantaranya mengarahkan orang-orang yang terlibat dalam organisasi yang dipimpinnya, dengan kata lain tercapai atau tidak tujuan suatu organisasi sangat tergantung pada pimpinannya.

Sebagai suatu organisasi, lembaga pendidikan memerlukan tidak hanya seorang manajer untuk mengelola sumber daya lembaga pendidikan yang lebih banyak berkonsentrasi pada permasalahan anggaran dan persoalan administratif lainnya, tetapi juga memerlukan pimpinan yang mampu menciptakan sebuah visi dan semua komponen individu yang terkait dengan lembaga pendidikan itu dengan oreantasi tata kelola yang efektif, efesien dan hasil yang berkualitas.

Kesuksesan pemimpin pendidikan dalam menjalankan aktivitas kepemimpinannya tentu dipengaruhi oleh faktor-faktor dalam suatu kepemimpinan, misal keharmonisan dalam hubungan atau interaksi yang baik dari semua komponen sumber daya baik secara internal mauoun eksternal, atasan dan bawahan, antara pimpinan dengan pimpinan yang lain, selain itu tentu ada juga pengaruhi latar belakang yang dimiliki seorang pemimpin pendidikan, seperti motivasi untuk berprestasi, kedewasaan dan keleluasaan dalam hubungan sosial dengan sikap hubungan manusiawi.

Lalu, seperti apa kepemimpinan pendidikan yang efektif,?..Dalam era kemandirian dan transformasi pendidikan sekarang ini, tugas dan tanggung jawab yang pertama dan utama dari pimpinan lembaga pendidikan adalah menciptakan lembaga pendidikan yang mereka pimpin menjadi semakin efektif, dalam arti menjadi semakin bermanfaat bagi lembaga itu sendiri dan bagi masyarakat luas sebagai penggunanya. Seorang pimpinan lembaga pendidikan harus dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, menggerakkan, Pimpinan lembaga pendidikan bertanggungjawab dan yakin bahwa kegiatan-kegiatan yang terjadi di lembaga yang pimpin adalah menggarap rencana dengan benar lalu mengerjakannya dengan benar pula.

Oleh karena itu, visi dan misi lembaga itu harus dipahami terlebih dahulu sebelum menjadi titik tolak prediksi dan sebelum disosialisasikan. Hanya dengan itu, maka seorang pemimpin dapat membuat prediksi dan merancang langkah antisipasi yang tepat sasaran. Selain itu, diperlukan suatu unjuk profesional yang kelihatan remeh tetapi begitu urgen seperi kemahiran menggunakan filsafat pendidikan, psikologi, ilmu kepemimpinan serta antropologi dan sosiologi.

Kesiapan SDM dan Pendidikan di IKN baru

Dikutip dari Kementerian PUPR/Medcom.id Ilustrasi maket ibu kota baru INDONESIA sedang mempersiapkan ibu kota negara (IKN) yang baru. Dari Kota Jakarta berpindah ke Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, wacana pemindahan IKN pernah dirintis Presiden Soekarno pada 1950-an. Soekarno memilih Kota Palangkaraya sebagai lokasi ibu kota baru. Pulau Kalimantan menjadi pulau yang dipilih Presiden Soekarno ataupun Presiden Jokowi. Letak Kalimantan sebagai pulau yang sangat strategis di tengah-tengah Indonesia membawa semangat bahwa pembangunan Indonesia ke depan memiliki visi Indonesia sentris. Pembangunan ibu kota baru membawa semangat peradaban baru.

Ibu kota bukan hanya sebagai pusat pemerintahan, melainkan juga wajah peradaban bangsa Indonesia di mata dunia. Pemerataan ekonomi “Pembangunan Indonesia sangat Jawa sentris”. Itulah salah satu alasan pemindahan IKN. Aktivitas ekonomi sangat terkonsentrasi di Pulau Jawa. Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro berencana membangun universitas berstandar internasional apabila pemindahan ibu kota negara (IKN) baru sudah terealisasi (gatra.com).
“Di IKN yang baru, kita akan mendorong pembangunan universitas berstandar internasional, dan berfokus pada bidang-bidang yang mendukung industrialisasi 4.0,” ujarnya di Jakarta, Jumat, (2/8/19). Selain itu, menurutnya, di bidang kesehatan, IKN akan memiliki smart hospital berskala Internasional yang dalam operasionalnya akan mengedepankan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Internet of Things (IoT).

Menurut data BPS Kabupaten Kukar dalam angka 2019, pada 2018 Kukar memiliki jumlah masyarakat sebanyak 769.337 jiwa dengan jumlah angkatan kerja 358.411 jiwa. Dari jumlah angkatan kerja itu, penduduk yang bekerja sebanyak 337.050 jiwa. Dari jumlah penduduk yang bekerja, jika diurutkan berdasarkan latar belakang pendidikan, pertama, penduduk tamatan SMA sebanyak 90.675 jiwa. Kedua, tamatan SD 77.816 jiwa. Ketiga, penduduk tamatan SMP sebanyak 67.475 jiwa. Sementara itu, tamatan SMAK 29.301 jiwa dan Diploma I/II/III/Akademi, ditambah Universitas sebanyak 44.946 jiwa.

Menurut data BPS Kabupaten PPU dalam angka 2019, pada 2018 Kabupaten PPU memiliki jumlah masyarakat sebanyak 159.386 jiwa, dengan jumlah angkatan kerja 103.298 jiwa. Dari jumlah angkatan kerja itu, penduduk yang bekerja 98.389 jiwa. Selanjutnya, dari jumlah penduduk yang bekerja tersebut jika diurutkan berdasarkan latar belakang pendidikan, pertama, penduduk tamatan SD ke bawah 43.480 jiwa. Kedua, tamatan SMA ke atas sebanyak 39.050 jiwa. Ketiga, tamatan SMP 15.859 jiwa.

Pendidikan menjadi kunci “The investment in education especially in higher education is a profitable investment that assures positive longterm effects in what concerns the individual and the socio-economic progress of the society.” Consequences of the Investment in Education as Regards Human Capital, Iatagan Mariana (Romanian Academy, Spiru Haret University, Bucharest, Romania). Dari pemaparan itu, ada beberapa temuan menarik dari dua kabupaten tersebut. Pertama, Kabupaten PPU dan Kukar memiliki sumber dari PDRB terbesar dari sektor pertambangan dan galian. Namun, angkatan kerja yang bekerja terbanyak bukan pada bidang tersebut. Kedua, kabupaten itu memiliki angkatan kerja yang bekerja dengan latar belakang pendidikan terbanyak, bukan pendidikan tinggi (DI/DII/DII/Universitas). Akan tetapi, SMA (Kabupaten Kukar) dan SD (Kabupaten PPU).

Dari data data diatas meskipun sampelnya hanya dua wilayah kabupaten yang secara kebetulan menjadi rencana IKN, maka menjadi penting bagi kita bahwa kesiapan SDM dan pendidikan menjadi sangat krusial bahkan sangat mendesak di perhatikan secara sungguh sungguh dalam menyambut lahirnya IKN baru. Selain persaingan yang akan semakin ketat karena serbuan tenaga kerja dari luar yang tidak mungkin terhindarkan, pun juga dalam tata kelola pemerintahan di ibu kota negara baru menjadi syarat mutlak yang mesti dipenuhi. Artinya bahwa SDM kalimantan Timur secara umum masih perlu perbaikan secara serius, dan aspek pendidikan menjadi aspek yang sangat penting dalam pembenahan itu. Pertumbuhan ekonomi tidak mungkin dirasakan masyarakat jika tidak memiliki kompetensi dan kapasitas pendidikan yang mumpuni.

Pemerintah harus fokus dalam peningkatan kualitas pendidikan khususnya peningkatan kualitas pendidikan di Kalimantan Timur sebagai daerah persiapan IKN. Pendidikan merupakan investasi terbaik dalam upaya membangun bangsa dan negara, IKN baru menjadi wilayah atau kota yang penuh dengan keunggulan dan kebanggaan. SDM kompetitif, SDA dikelola dengan baik, dan komoditas barang yang diproduksinya mampu memenuhi kota/kabupaten di daerah lain, bahkan sudah mencapai tarap ekspor. Peningkatan kualitas pendidikan di Kalimantan Timur sebagai rencana IKN menjadi momentum penting bagi kita warga Kaltim dimana kesiapan SDM lokal yang berkualitas menjadi keharusan yang tidak boleh tertunda. Alangkah sedihnya dan mengecewakannya jika sebagai ‘” tuan Rumah” justru menjadi penonton karena ketidak mampuan, ketidak berdayaan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

*(Akademisi/Analis pendidikan& kebijakan publik)

……

DPRD Kota Makassar.

355 SulSel

Infografis PilGub Sulbar

debat publik pilgub 2024

Ucapan selamat Walikota makassar

Pengumuman pendaftaran pilgub sulsel

Pilgub Sulsel 2024

https://dprd.makassar.go.id/
https://dprd.makassar.go.id/