Pelatihan Pramuwisata Madya Tingkatkan SDM Pelaku Pariwisata

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel menggelar pelatihan pramuwisata Madya tahun 2019 di Gedung Mulo (29/4/2019).

Ketua Panitia yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Peningkatan Kompetensi SDM Pariwisata Marthen Ruru mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang tugas dan fungsi dari pramuwisata Madya dan teknik pemanduan yang profesional,meningkatkan keterampilan dan kecakapan kepada peserta agar mampu memberi kesan yang baik bagi wisatawan, meningkatkan pengetahuan peserta tentang rencana dan strategi perjalanan wisata, dan meningkatkan pengetahuan peserta tentang budaya Bugis Makassar dan Toraja.

Selain itu kegiatan diatas untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang bahaya narkoba,meningkatkan pengetahuan tentang wisata halal meningkatkan pengetahuan tentang standar operasional (SOP) imigrasi,dan tentang SOP angkasa Pura dan pengamanan wisatawan dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sulawesi Selatan.

“Adapun materi yang disampaikan adalah pengetahuan budaya Bugis Makassar dan Toraja pengetahuan wisata halal, pengetahuan bahaya narkoba teknik pemandu wisata, pengetahuan paket wisata dan jalur wisata, sistem pengamanan wisatawan dan pengetahuan sop Angkasa Pura dan pengetahuan SOP imigrasi,”sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel AM Firdah mengatakan kegiatan tersebut sangat penting karena sektor pariwisata merupakan salah satu sektor penghasil devisa bagi negara selain sektor-sektor lainnya.

“Saya kira peserta yang ikut ini harus benar-benar mengerti tentang materi pramuwisata madya karena sertifikat bukan hanya pelengkap administrasi tapi lebih kepada prakteknya saat berada di lapangan.Bagaimana memberikan pelayanan terbaik pada pengunjung,”kata AM Firdah.

Ia juga berharap wisata halal lebih ditingkatkan lagi pemahamannya sesuai dengan arahan kementrian pariwisata.







Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.