Peduli Kondisi Daerah, LSM GERPAK Akan Bentuk Kantor DPD Di Manggarai Timur

Mamuju (DR) Tercetusnya Gerakan Pemuda Anti Korupsi Manggarai Timur (GERPAK Matim) sebagai wadah gerakan moral dalam memerangi korupsi. Dicetuskannya Gerpak Matim dikarenakan kondisi didaerah  semakin mengguritanya pelaku-pelaku Korupsi.

Wacana akan dibentuknya DPD GERPAK Matim atas dasar pemikiran beberapa aktivis muda yang peduli terhadap kondisi daerah, dimana akhir-akhir ini kondisii daerah matim sedang dirongrong perilaku korupsi.
Inisiator Pendiri LSM Gerpak Matim di Manggarai Timur, Andi Echa, S.H
Demikian yang disampaikan oleh Dewan Pembina DPD GERPAK Matim Andi Echa, SH. Dikatakannya, dengan hadirnya DPD Gerpak Matim nantinya akan berperan penuh dalam aspek pencegahan serta  represif. Disamping sebagai alat kontrol sosial, lembaga tersebut juga sebagai wadah berkumpulnya para pemerhati masyarakat dan birokrasi yang tergerak untuk berperan serta melakukan pencegahan korupsi.

Terintisnya DPD GERPAK Matim ini atas gagasan beberapa aktivis muda daerah yang peduli terhadap Kabupaten Matim, dimana pada akhir akhir ini, kondisi daerah semakin subur para pelaku Korupsi seperti terlihat pada kasus di instansi Dinas Kesehatan Matim, dan tidak menutup kemungkinan masih ada kasus korupsi yang dilakukan oleh instansi pemerintahan lainnya yang ada di Matim.

Olehnya itu dengan akan hadirnya DPD Gerpak Matim akan membantu melakukan kontrol sosial kedepannya. ucap Andi Echa

Menurutnya, begitu banyaknya permasalahan dalam kasus korupsi yang perlu dilakukan pencegahan sedini mungkin, proses pencegahan dan pemberantasan tersebut tentunya bermula dari institusi terkait serta peran dan dukungan dari masyarakat secara ekstra dan wujud kongkrit.

Dengan Kehadiran DPD GERPAK Matim nantinya, diharapkan dapat memainkan peran yang sangat penting, khususnya dalam proses memperkuat gerakan demokrasi melalui perannya dalam pemberdayaan civil society yang dilakukan melalui berbagai aktifitas pendampingan, pembelaan dan penyadaran karena pemberantasan korupsi tidak hanya dibebankan kepada KPK, Polri dan Kejaksaan, tetapi harus melibatkan segenap komponen bangsa diantaranya adalah Lembaga Swadaya Masyarakat.

Olehnya itu, menyikapi hal itu, direncanakan dalam waktu dekat akan dilakukan pelantikan DPD GERPAK Matim, terkait jadwal pelantikan masih menunggu kesiapan dari pihak DPW untuk bisa menghadiri sekaligus melantik pengurus DPD GERPAK Matim, tutupnya.

Sementara itu Ketua DPW Gerpak Muh. Sudirman Al Bukhari sangat mengapresiasi dengan dibentuknya DPD Gerpak Matim.Kedepannya, DPD Gerpak Matim yang terbentuk diharapkan dapat bekerja secara profesional dan mawas diri.

Dengan hadirnya DPD Gerpak Matim diharap dapat membawa dan mengawal proses pembangunan sampai pada gerbang kesejahteraan, betapa banyak masalah yang rakyat hadapi, betapa berat derita Bangsa dan Negara ini. Dengan hadirnya Lembaga ini akan membantu rakyat yang masih buta dari berbagai sisi, akses, dan sebagainya dan pengurus yang dipercayakan diharapkan tetap berkoordinasi dengan LSM/OKP/Aktivis/ Media untuk menyuarakan nurani Rakyat dan berkonsultasi dengan penegak hukum, dan unsur pemerintahan lainnya sesuai dengan langkah konstitusi. (Salim/DR)

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.