Search
Close this search box.

OJK Sumut Terima 1.003 Aduan Konsumen, Pinjol Jadi Laporan Terbanyak Kedua

JAKARTA, DAULATRAKYAT – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Utara mencatat sebanyak 1.003 pengaduan konsumen selama periode Januari hingga Juni 2025. Dari jumlah tersebut, aduan terkait layanan pinjaman online (pinjol) menempati posisi kedua terbanyak setelah sektor perbankan.

“Selama Januari hingga Juni 2025, OJK Provinsi Sumatera Utara menerima 1.003 pengaduan konsumen. Mayoritas berasal dari sektor perbankan, dengan jumlah mencapai 446 aduan,” ungkap Khoirul Muttaqien, Kepala Kantor OJK Provinsi Sumatera Utara, pada Selasa (15/7/2025).

Sektor fintech peer-to-peer (P2P) lending atau pinjol berada di peringkat kedua dengan 235 pengaduan, diikuti oleh sektor asuransi sebanyak 179 pengaduan, perusahaan pembiayaan 128 pengaduan, serta 15 pengaduan lainnya dari lembaga jasa keuangan non-bank.

Menanggapi tingginya angka pengaduan tersebut, Khoirul menegaskan bahwa OJK memberi perhatian serius terhadap Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), khususnya dalam meningkatkan kualitas penanganan pengaduan konsumen.

“Upaya ini diharapkan dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap industri jasa keuangan, serta mendorong terciptanya sistem keuangan yang inklusif, adil, dan bertanggung jawab,” ujar Khoirul.

……

Pegadaian

DPRD Kota Makassar.

355 SulSel

Infografis PilGub Sulbar

debat publik pilgub 2024

Ucapan selamat Walikota makassar

Pengumuman pendaftaran pilgub sulsel

Pilgub Sulsel 2024

https://dprd.makassar.go.id/
https://dprd.makassar.go.id/