MRI ACT Sulsel Terjunkan Tim Rescue Bantu Bencana Gempa Lombok

Makassar.daulatrakyat.id – Lembaga Aksi Cepat Tanggap Sulawesi Selatan (ACT SULSEL) dan Masyarakat Relawan Indonesia Sulawesi Selatan (MRI SULSEL) terjunkan tim rescue untuk membantu korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat Rabu (8/8/2018).

Tepatnya pada Ahad (5/8) pada pukul 18:46 WIB, gempa dengan kekuatan cukup besar kembali mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, gempa terjadi dua kali, yaitu berkekuatan 6.8 SR dan 7,0 SR, keduanya terjadi pada waktu yang bersamaan.

Berbeda dengan gempa Ahad (29/7) pekan lalu yang hanya menyebabkan skala guncangan 6,5 MMI, gempa kali ini menyebabkan skala guncangan 8,0 MMI.

Gempa yang berkekuatan 6.8 SR dan 7,0 SR ini meninggalkan dampak yang cukup kuat bagi masyarakat setempat. Bangunan rata dengan tanah dan tak sedikit yang terjebak di dalamnya. Banyak yang terluka dan jumlah korban meninggal dunia semakin bertambah. Gempa kali ini juga berdampak pada psikis masyarakat (trauma).

Branch Manager ACT Sulsel, Syahrul Mubaraq mengatakan tim rescue yang diberangkatkan dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sejumlah 4 orang diantaranya Muhammad Yusuf, Cahyo Wicaksono, Abd. Rahman Wahid, dan Herwanto Herman. Diharapkan tim ini akan membantu dan mendistribusikan bantuan pangan dan mengevakuasi para korban gempa.

Pemberangkatan ini merupakan gelombang kedua setelah sebelumnya telah diberangkatkan beberapa tim medis dan relawan lainnya.

ACT sendiri telah membangun tiga posko, yaitu di Kecamatan Sembalun dan Kecamatan Sambelia yang terletak di Lombok Timur, serta di Kecamatan Bayan di Lombok Utara.

Syahrul menegaskan “Saudara sebangsa kita terkena musibah, saatnya kita bergerak, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membantu, meskipun yang kita tolong berasal dari latar belakang yang berbeda. Semua tim emergency sekaligus medis tengah siaga dan mengevakuasi warga di beberapa titik pengungsian, termasuk yang terdekat dari posko-posko ACT”

“Dan pada selasa (7/8) telah diberangkatkan ambulance, truck logistic, mobile rescue ACT, bantuan kemanusiaan, serta segenap relawan dan awak media menggunakan pesawat hercules menuju Lombok, yang diberangkatkan dari Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta” jelas Syahrul.

Editor: indra

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.