Meriahkan HUT RI ke 73, Digelar Festival Dangdut Ala Sekolah Perempuan Gresik

Gresik.daulatrakyat.id-Upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73 dengan mengenakan kostum adat dan nuansa merah putih adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Sekolah Perempuan Gresik pada Jumat 17 Agustus 2018.

Peringatan itu sebagai wujud memperkuat jiwa nasionalisme serta kepemiminan perempuan. Ada sekitar 500 perempuan yang berasal dari perwakilan kecamatan di Gresik terlibat dalam kegiatan tersebut.

Selain upacara juga diselenggarakan Festival musik Dangdut yang bertemakan “Dangdut Merah Putih, Dangdut Perdamaian dan Dangdut Pro Perempuan yang diikuti oleh kelompok vokal dari 12 Sekolah Perempuan.

Sekolah Perempuan Gresik Gelar Upacara Bendera HUT RI ke 73

Dalam rilisnya yang dikirim keredaksi daulatrakyat.id menyebutkan, dipilihnya genre musik dangdut karena selama ini musik dangdut identik dengan yang mengeksploitasi perempuan baik secara fisik maupun liriknya.

Aktivis sekolah perempuan Gresik ini menegaskan, momentum kemerdekaan ini dapat dijadikan ajang untuk merebut kemerdekaan perempuan berupa pemenuhan hak-hak perempuan miskin dengan mengubah lirik-lirik lagu dangdut yang tenar, menjadi lirik yang menyuarakan keberpihakan dan keadilan terhadap perempuan.

Peringatan kali ini juga sekaligus dilakukan Peluncuran Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals/SDGs di Gresik oleh kelompok perempuan, dengan Memperkuat Kepemimpinan Perempuan Untuk Mewujudkan SDGs Yang Berperspektif Gender, Transformatif dan Inklusif.

Tak hanya itu, merekapun ikut membacakan Ikrar Perempuan yang disampaikan oleh ibu Listiana (38 th) dari Desa Wonorejo.

Dalam ikrar tersebut menunjukkan komitmen perempuan untuk turut serta berpartisipasi dalam pembangunan dan menyuarakan seruan perdamaian.

Semangat nasionalisme juga dirasakan oleh 3 orang perempuan pengibar bendera yang sehari-hari mereka menjadi penjual sayur dan jajanan anak-anak yang semangat berlatih demi berkibarnya bendera merah putih.

Mereka mengatakan jika upacara bendera ini berkesan sangat dalam dan dapat memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan kebinekaan.

Festival Dangdut Ala Sekolah Perempuan di Gresik

Mereka juga menyuarakan bahwa kemerdekaan harusnya untuk menghapuskan kemiskinan terhadap perempuan dan anak.

Penanggungjawab kegiatan Iva Hasanah mengatakan, pentingnya upacara ini dijadikan agenda rutin tahunan di tingkat desa, sehingga dapat melibatkan masyarakat luas untuk lebih memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme dari tingkat bawah khususnya kaum perempuan.

Kata Iva Hasanah, kegiatan ini juga mampu menjadi wadah alternatif bagi masyarakat luas yang selama ini ingin berpartisipasi dalam peringatan HUT RI tapi belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti upacara, karena upacara HUT RI biasanya hanya dilakukan di instansi-instansi, kecamatan dan sekolah-sekolah saja.

Bahkan menurut dia peringatan HUT Kemerdekaan RI sebagai bentuk dukungan perempuan lahirnya politik damai ditengah panasnya suhu politik jelang demokrasi.

Lirik-lirk lagu dalam festival musik dangdut menurutnya, dapat memberi memotivasi perjuangan perempuan untuk keadilan gender dan inspirasi dalam ajang mengasah kreatifitas para perempuan miskin, yang selama ini tidak mempunyai akses untuk berekspresi diruang publik.

Sumber : Sekolah Perempuan Gresik

Editor :Salim Majid

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.