Menteri Pemberdayaan dan Pelindungan Anak,Yohana Yambise : Menampar Murid Bukan Disiplin Positif

Makassar.daulatrakyat.id.Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise kembali mengingatkan para tenaga pendidik bahwa menampar murid bukan disiplin positif.

“Saya sangat menyayangkan peristiwa penamparan kepada siswa SMK di Purwokerto, apalagi kasus ini dilakukan oleh seorang tenaga pendidik, yang seharusnya justru membimbing, mengayomi dan mendidik anak muridnya,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise melihat peristiwa penamparan terjadi pada seorang siswa SMK di Purwokerto kemarin di Purwokerto 19 April 2018 melalui rilis yang diterima redaksi.

Dijelaskan Yohana sesuai dengan berdasar pada Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, mempertegas pemberatan sanksi pidana dan denda bagi pelaku kekerasan terhadap anak.

“Pada Pasal 54 jelas dinyatakan bahwa Anak di dalam dan di lingkungan satuan pendidikan wajib mendapatkan perlindungan dari tindak kekerasan fisik , psikis, kejahatan lainnya yang dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik atau pihak lainnya, maka kejadian ini harus ditindak tegas agar tidak terulang” tambahnya

Selain penyelesaian kasus, kata Yohana yang penting harus dilakukan adalah upaya pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.Penerapan Disiplin Positif dirasa sangat penting diterapkan di sekolah.

Ia menambahkan guru diperbolehkan untuk mendisiplinkan siswa di sekolah, namun tentu dengan cara-cara tanpa kekerasan, yakni dengan menerapkan Disiplin Positif.

“Saya berharap semua orang dewasa dapat menerapkan Disiplin Positif ketika berinteraksi dengan anak, terutama tenaga pendidik di sekolah. Orang dewasa harus menjadi teladan bagi anak,” tutup Menteri Yohana.(Indrawan)

 

Editor :Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.