Mentan Amran Soan ke Luwu

LUWU.DAULATRAKYAT.ID. Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI), Andi Amran Sulaiman berkunjung ke Luwu dengan menggunakan Helykopter kuning mendarat di lapangan Kamanre, senin 11 Maret 2019. Pagi 8:30 WIB.

Mentan bersama rombongannya langsung melakukan peninjauan kebun kakao serta penanaman Bibit Kakao, di Desa Kamanre kabupaten Luwu.

Usai agenda di kecamatan Kamanre, Mentan Andi Amran Sulaiman didampingi Bupati Luwu H. Basmin Mattayang, Walikota Palopo Judas Amir bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta rombongan lainnya menuju Lapangan Andi Djemma Belopa untuk pelaksanaan agenda selanjutnya.

Didepan pemerintah dan puluhan ribu masyarakat petani di Luwu, Mentan melakukan dialog dan menyampaikan kalau sebelum ke Kabupaten Luwu, dirinya menghadap kepada bapak Presiden RI Joko Widodo, karena sebelumnya diminta untuk mendampingi pada agenda panen karet di Sumatera Selatan.

” saya sampaikan ke Bapak Presiden Kalau saya ditunggu masyarakat luwu, Palopo, luwu utara dan Luwu Timur di Sulsel, dan beliau katakan dahulu kan rakyat dan jangan ke Sulsel kalau tidak memberikan bantuan yang memberikan dampak kepada masyarakat di sana.” Jelas Andi Amran Sulaiman.

Mentan juga menyampaikan kalau Anggaran pada pedesaaan dan pertanian mulai tahun 2014 telah ditetapkan sebesar 15 triliun. Termasuk permohonan kepada presiden untuk membangun tiga bendungan di luwu Utara yakni bendungan Baliase, dan bendungan yang berada di wajo dan di Jeneponto.

“Alamdulillah semua program berjalan baik, tinggal bagaimana bantuan untuk masyarakat ini dapat terkelola baik dan mwnghasilkan manfaat bagi peningkatan terhadap hidup masyarakat khususnya di kabupaten Luwu, Palopo, Lutra dan Lutim,” ungkapnya.

Bupati Luwu Basmin Mattayang mengucapkan banyak terima kasih kepada Mentan yang suda berkunjung ke luwu dan memberikan bantuan kepada masyarakat petani yang selama ini mengalami kerusakan tanaman dan anjloknya harga hasil bumi tani diluwu.

” Kehadiran Mentan adalah harapan kami dimana selama petani di Luwu tidak sejaya dulu yang biasanya jika bertemu teman PNS dipasar petani yang bayarkan belanjanya, tapi sekarang petani yang tangannya dibawa meminta bantuan, itu karena hasil masyarakat petani sangat memburuk, ” curhatan Basmin.

Sementara itu, Walikota Palopo, mengungkapkan kesyukurannya atas diterimanya bantuan ayam kampung kepada dinas pertanian Kota Palopo. Dirinya berharap dengan kehadiran Mentan untuk kesekian kalinya khususnya di Luwu Raya akan memberikan hal baik bai perkembangan pertanian di WilayahTerujung Sulsel.

Walikota juga berharap bantuan yang turun khusus di dunia pertanian dan peternakan akan memberikan angin segar bagi masyarakat petani untuk lebih berupaya meningkatkan hasil pertanian.(lina)

Editor by Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.