Mengunjungi Museum Mulawarman di Tenggarong

Tenggarong.daulatrakyat.id- Mengunjungi museum Mulawarman di Kutai Kartanegara. Melihat dari dekat bukti sejarah peninggalan Raja Mulawarman.

Museum itu satu areal dengan dinas Pariwisata Pemkab Kutai Kartanegara. Begitu banyak pengunjung memadati museum saat musim libur.

Masuk kedalam museum Mulawarman cukup membeli tiket seharga 10 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 5 ribu rupiah untuk anak-anak.

Sumber PAD Kutai Kartanegara di sektor pariwisata ini telah memberi kontribusi lumayan besar.

Tempat Tidur Raja di Museum Mulawarman

Jika dimusim libur diperkirakan rata-rata pengunjung 500-1000 setiap hari bisa di pastikan miliaran rupiah PAD akan mengalir setiap tahunnya ke kas daerah.

Dipintu masuk museum, pertama mata pengunjung akan tertuju pada Kursi Raja dan Permaisuri. Makin kedalam, disatu ruangan terdapat tempat tidur Raja, tahanan bawah tanah.

Pada ruangan lain terlihat batu prasasti yang bertuliskan bahasa sangsekerta. Bahkan miniatur kehidupan masyarakat kalimantan timur masa lampau.

Dan masih banyak bukti-bukti sejarah di museum Mulawarman yang bernilai sejarah yang tidak bisa disebutkan satu-satu.

Mengelilingi ruangan museum lumayan capek. Setiap ruangan diisi benda-benda bersejarah. Bahkan senjata jaman portugis dan pedang terpangpang diruangan tersebut. Sepertinya benda-benda itu asli bukan duplikat.

Senapan dan Pedang Tempo dulue yang tersimpan di Museum Mulawarman

Penulis : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.