Search
Close this search box.

MEMAHAMI (KEMBALI) TRILOGI PENDIDIKAN

Oleh : Muslimin.M

Masih dalam suasana hari pendidikan nasional dimana sebagian masyarakat kita terutama masyarakat pendidikan atau yang peduli dengan pendidikan masih hangat membincang tentang kondisi pendidikan saat ini dan keadaan pendidikan masa depan. Dari hasil diskusi – diskusi itu ada salah satu yang cukup menarik bagi saya yaitu tentang trilogi pendidikan yang berkaitan dengan kondisi pendidikan saat ini . Tentu konsep trilogi pendidikan ini jika kita urai secara teoritis lalu dikaitkan dengan fakta saat ini maka akan cukup menarik sebab ada banyak variabel pendidikan yang ternyata variabel – variabel itu saling terkait dan mengikat, misal tentang kurikulum, tentang anggaran, tentang tenaga pendidik dan kependidikan, tentang sarana dan prasarana, pendek kata semua variabel ini berkontribusi nyata dalam sukses tidaknya tata kelola pendidikan di negeri ini.

Trilogi pendidikan mengacu pada konsep pendidikan dalam tiga dimensi utama yaitu pendidikan formal, non formal dan informal. Pendidikan formal terjadi di institusi seperti sekolah dan Perguruan Tinggi dengan kurikulum yang terstruktur. Pendidikan non formal melibatkan pembelajaran yang terorganisir namun diluar lingkup sistem pendidikan formal, seperti kursus, pelatihan kerja. Pendidikan informal terjadi secara tidak terstruktur seperti melalui pengalaman sehari hari dan interaksi sosial. Untuk membatasi penjabarannya maka dalam tulisan singkat ini kita batasi pada dimensi pendidikan formal terutama di lembaga sekolah.

Pendidikan formal dalam dimensi trilogi pendidikan adalah pendidikan yang terstruktur dan formal yang ada pada pada lembaga pendidikan resmi seperti sekolah, perguruan tinggi/ universitas, ini mencakup kurikulum yang telah ditetapkan dan pemberian gelar atau sertifikat setelah menyelesaikan program pendidikan. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, trilogi pendidikan mengacu pada pendidikan dasar, menengah, dan tinggi yang diintegrasikan secara holistik dalam pendekatan kurikulum yang baru yaitu Kurikulum Merdeka yang berjuan untuk memperkuat keterampilan abad ke-21, menggali potensi siswa secara menyeluruh, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan. Hal ini mencakup penekanan pada pembelajaran berbasis proyek, keterampilan abad ke-21, dan integrasi teknologi, serta memperkuat nilai-nilai karakter dan kebangsaan.

Trilogi pendidikan pada pendidikan dasar, menengah, dan tinggi mencakup proses pembelajaran dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan. Pada pendidikan dasar, fokusnya adalah memberikan landasan pengetahuan dan keterampilan dasar kepada siswa. Pendidikan menengah memperdalam pemahaman dan keterampilan siswa dalam berbagai mata pelajaran. Sedangkan pendidikan tinggi membawa siswa ke tingkat keahlian yang lebih tinggi dalam bidang studi tertentu melalui program sarjana, magister, dan doktoral.

*Dimensi Pendidikan formal*

Dalam konteks pendidikan formal, trilogi pendidikan mengacu pada tiga dimensi utama dari sistem pendidikan yang terstruktur, yaitu :

Pertama: Kurikulum ; Merupakan pedoman dalam rencana pembelajaran yang dirancang dan disusun untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu dalam institusi formal seperti sekolah dan universitas/ PT. Kurikulum memegang peran kunci dalam membentuk arah dan kualitas pendidikan suatu negara. Kurikulum memberikan panduan tentang apa yang harus dikerjakan, bagaimana cara mengajar dan bagaimana kemajuan siswa dinilai.

Kurikulum menetapkan standar pendidikan yang diharapkan dari siswa dari berbagai mata pelajaran dan tingkat pendidikan. Kurikulum mengembangkan keterampilan kritis, mempelajari pengetahuan akademis, kreativitas, komunikasi dan kerjasama untuk kesuksesan dalam kehidupan. Kurikulum dapat membantu membentuk warga negara yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif terhadap masyarakat dan negara.

Kedua: Metode pembelajaran adalah cara atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengajar dan membantu siswa memahami materi pelajaran. Metode pembelajaran ini mencakup pendekatan dan teknik yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa yang dapat bervariasi seperti ceramah, diskusi hingga penggunaan teknologi dari pengajaran langsung hingga pendekatan berbasis proyek atau berbasis masalah.

Metode pembelajaran harus mendorong partisipasi aktif siswa untuk meningkatkan pemahaman dan retensi materi, relevan dengan kebutuhan dan minat siswa. Guru harus mampu menyesuaikan metode pembelajaran dengan melihat karakteristik siswa yang beragam dan kemampuan yang berbeda pula, termasuk dalam melakukan evaluasi yang lebih efektif terhadap pemahaman siswa.

Ketiga: Evaluasi dan penilaian; Hal ini terkait dengan proses penilaian kerja siswa untuk mengukur pemahaman mereka terhadap mata pelajaran dan kemajuan mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan yang didalamnya ada ujian, tugas, proyek dan penilaian lainnya.

Dalam pendidikan formal, penilaian dan evaluasi saling melengkapi dalam mengukur pemahaman, kemajuan, dan pencapaian siswa dalam memahami materi pelajaran. Penilaian mengacu pada pengumpulan informasi tentang prestasi siswa berdasarkan kriteria tertentu. Evaluasi lebih bersifat menyeluruh dan mencakup proses analisis terhadap data penilaian untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa, guru dan lembaga pendidikan. Tujuannya adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan secara efektif.

Pendidikan formal memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan formal dapat memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk pembelajaran, pemantauan dan evaluasi yang lebih teratur terhadap kemajuan siswa, guru dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan formal adalah pondasi penting untuk masa depan pendidikan. Namun, semakin maju teknologi dan perubahan dalam tuntutan pasar kerja menunjukkan bahwa pendidikan formal perlu terus beradaptasi. Integrasi teknologi dalam pembelajaran, pembelajaran sepanjang hayat adalah variabel penting dalam adaptasi dinamika dan perubahan yang begitu cepat.(*)

……

Pegadaian

DPRD Kota Makassar.

355 SulSel

Infografis PilGub Sulbar

debat publik pilgub 2024

Ucapan selamat Walikota makassar

Pengumuman pendaftaran pilgub sulsel

Pilgub Sulsel 2024

https://dprd.makassar.go.id/
https://dprd.makassar.go.id/