MCN 2019 Kedepankan Unsur Budaya dan Tradisional Makassar

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar kembali menggelar even bertajuk Makassar Culinary Night (MCN) 2019 di Benteng Fort Rotterdam Makassar besok Sabtu (13/04/2019).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disparekraf Kota Makassar, Kamelia Thamrin Tantu mengatakan, pelaksanaan MCN kali ini bertemakan “Semangat Kartini dalam rangka memperingati Hari Kartini” yang
bakal lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“MCN ini merupakam kalender event kami yang keenam, yaitu Makassar Culinary Night dengan konsep yang berbeda karena ada kampanye pengurangan penggunaan sampah plastik di Makassar,”ujarnya.

Selain itu kata dia akan ada pula kolaborasi marching band dengan bintang tamu yakni Ismi Amaliah dan dan Fyan Rynaldi Theory Of Discoustic (TOI) dan Skin and Blaster.

“Namun kita tetap mengedepankan unsur budaya dalam MCN dengan menghadirkan Tarian Tradisional khas Makassar dan bakal games bagi dan pemilik tenant,”ujarnya.

Adapun jumlah pengunjung MCN pertama kemarin sebanyak 14 ribu orang dengan total transaksi Rp264 juta dan kali ini kita menargetkan transaksi sebesar Rp300 juta dengan target pengunjung sebanyak 15 ribu orang dimana jumlah tenant jauh lebih banyak dari pelaksanaan kemarin,”tambahnya

Project Director MCN, Mistriani menambahkan tenant kuliner yang akan mengisi sebanyak 60 persen yang sudah fix dan ada 30 persen tenant yang hadir sudah ikut pada MCN sebelumnya.

Kali ini menu alias makanana yang dijajakan didominasi makanan kekinian.

“Khusus Dispar ada kuliner sendiri yakni makanan tradisional.Pastinya ada menu modern kolaborasi makanan lokal Makassar,”ungkapnya.

Melalui MCN 2019 ini, ditargetkan jumlah pengunjung di atas 15.000 orang meningkat dari tahun 2018 yang hanya mencapai 14.000 pengunjung. 

“Target transaksi sendiri di atas Rp300 juta. Karena dari jumlah tenant juga jauh lebih banyak dan harus lebih banyak dari hari kemarin,” terangnya.

MCN 2019 juga akan diisi dengan berbagai hiburan namun tetap mengedepanka unsur kebudayaan khas tradisional Makassar.Pengunjung juga bisa tetap eksis dengan bermain dan selfie di photo booth.

Pihak helper ikut membantu berjalannya MCN dengan turun langsung ke event terkait kampanye pengurangan penggunaan sampah plastik

“Jadi di sini kami berusaha untuk menetralisir dimana tidak ada sampah pada saat kegiatan sedang berlangsung tapi saya mau wakili Indonesia di sini kami bukannya tidak mau untuk mungut sampah tapi kita berharap para pengunjung sadar agar tidak buang sampah disembarang tempat selama berlangsungnya event,”ujar perwakilan Helper Indonesia.

Sementara itu dari pihak Moka pihaknya mengaku sudah membantu lebih dari 200 UKM.Yang baru dari Moka yakni menghitung jumlah pengunjung dan transaksi MCN.

Untuk diketahu MCN digelar tiga kali selama setahun karena sudah menjadi event yang selalu ditunggu -tunggu oleh masyarakat Makassar.

Kamelia kembali menambahkan Jumlah UKM binaan Disparekraf ada 12.

“Harapan saya dengan MCN ini Makassar semakin didepan mari kita sama-sama kita mempromosikan kota Makassar dan kmelalui kulinernya.Promosikan para UKM yang ikut terlibat di dalamnya sehingga perekonomian di Makassar lebih meningkat lagi kedepannya,”pungkasnya mengakhiri.

Sementara itu GOJEK memberlakukan diskon 30 persen semua khusus transaksi Gopay.


Report by Nina Annisa


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.