MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID.Sekelompok mahasiswa dan dosen Universitas Ciputra (UC) Makassar baru-baru ini melaksanakan program pengabdian masyarakat bertajuk “Optimalisasi Strategi Pemasaran melalui Kalender Konten dan Media Sosial serta E-Commerce untuk Pengembangan UMKM Sambal Cakalang Asap” di Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.
Program ini merupakan bagian dari kegiatan Social Impact Challenge yang bertujuan membantu para pelaku UMKM di makassar dalam meningkatkan kapasitas pemasaran mereka di era digital saat ini.
Tim UC Makassar memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM mengenai penggunaan media sosial untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan memperkuat citra merek.
Melalui platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok (Tiktokshop) yang kian marak penggunaannya di kalangan masyarakat saat ini . Serta, penggunaan kalender konten dalam UMKM sehingga diharapkan UMKM dapat membuat konten secara lebih konsisten dan interaktif agar dapat memperluas jangkauan pasar serta meningkatkan penjualan produk Sambal Cakalang Asap di media sosial.
Ketua tim, Reni Wulandari, menjelaskan bahwa program ini fokus pada peningkatan kapasitas pelaku UMKM dalam memanfaatkan platform digital untuk pemasaran produk mereka.
“Kami melihat potensi besar dari Sambal Cakalang Asap khas Makassar, namun masih terkendala dalam hal pemasaran baik dari segi konten dan pengelolan sosial media. Melalui program ini, kami berharap dapat membantu UMKM meraih pasar yang lebih luas di era yang serba digital ini ,” ujarnya.
Kegiatan yang berlangsung selama satu hari dengan persiapan kurang lebih 3 minggu ini meliputi pelatihan pembuatan konten menarik untuk media sosial, pengelolaan toko online di platform e-commerce, serta strategi digital marketing yang efektif. Dan juga mendapatkan pendampingan intensif dalam implementasi strategi pemasaran digital.
Ibu Devi Andriani, pemilik usaha UMKM Sambal Cakalang Asap, mengaku sangat terbantu dengan adanya program dari mahasiswa Uc Makassar ini. “Sebelumnya ini kami hanya mengandalkan penjualan langsung (suplier toko / supermarket / minimarket) dan dari mulut ke mulut.
“Dan Sekarang kami mulai bisa menjangkau pelanggan dari berbagai daerah melalui online shop di platform e-commerce dan sosial media ,” tuturnya dengan antusias,”ujarnya.
“Kami melihat potensi besar pada produk Sambal Cakalang Asap ini. Dengan strategi optimalisasi pemasaran digital yang diberikan mahasiswa kami kepada umkm ini , kami yakin UMKM ini bisa berkembang lebih pesat, dan mahasiswa (i) juga mendapatkan pengalaman yang luar biasa dimana mereka bisa mengimplementasikan mata kuliah yang mereka pelajari di bangku perkuliahan kepada masyarakat luas ” ujar Yuyun Karystin Meilisa Suade,S.M.,M.M, selaku dosen pendamping program tersebut.
UC Makassar, melalui kegiatan Social Impact Challenge, berkomitmen mengembangkan masyarakat dan ekonomi lokal dengan mentransfer pengetahuan pemasaran digital dari mahasiswa ke pelaku UMKM. I
nisiatif ini diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi Makassar dengan membantu UMKM lokal menghadapi tantangan pemasaran di era digital, sehingga produk mereka dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat.