Lagi Walikota Palopo HM Judas Amir Terima Penghargaan Wapres RI

Walikota Palopo HM. Judas Amir menerima penganugerahan Adipura dan Green Leadership yang di serahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK,) di Auditorium Dr.Soedjarwo Gedung Mandala Wanabakti, di Senayan Jakarta. Senin (14/1/2019).

HM. Judas Amir yang di konfirmasi usai menerima Piala Adupura mengucapkan kesyukurannya. Ia menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga Adipura kembali di raih Kota Palopo.

” ini adalah kesyukuran kita bersama, karena Adipura bukan diraih dari upaya seseorang namun kerjasama yang baik dari semua pihak tanpa terkecuali telah memberikan kontribusi dan telah menuai hasil yang maksimal dan nyata,” ujarnya.
Judas Amir juga berharap prestasi kali ini bukan hanya menjadi ceremony belaka namun dapat diupayakan untuk dipertahankan  pada tahun mendatang sehingga menjadi kebanggaan bagi semua pihak.

Berdasarkan undangan yang diterima Judas Amir dari Kementrian lingkungan hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Jadwal penerimaan  penganugerahaan berlangsung cukup ketat dan tertutup, kecuali bagi para undangan khusus begitupun dengan media peliputan.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan laporan mentri lingkungan hidup dan kehutanan RI juga menyerahkan langsung plakat, sertifikat dan piagam penghargaan kinerja pengurangan sampah.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan Green Leadership serta penyerhan Piala Adupura Kencana dan Piala Adipura oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) yang kumudian menyampaikan arahan terkait penerimaan Supremasi tertinggi dalam bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Wakil Presiden Republik Indonesia H.M Jusuf Kalla pada kesempatan tersebut menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh kabupaten Kota yang berhasil menerima penghargaan.

Terkait Piala adipura  yang merupakan supremasi tertinggi di bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup. Adalah kali keduanya dipersembahkan dimasa kepemimpinan HM. Judas Amir.

Sebelumnya Adipura diterima pada masa kepemimpinan beliau pada tahun 2015 lalu dan yang kedua di tahun 2018 yang diterima pada awal tahun 2019.

Turut mendampingi Walikota Palopo Judas Amir, oada penerimaan Adipura, Kadis DPMPTSP Farid Kasim Judas, Kadis LH Kota Palopo Rachmat, beserta Kabag Humas Setda Kota Palopo Eka Sukmawati.

Untuk diketqhui Sebelumnya Kota Palopo telah menerima lima piala Adipura pada masa pemerintahan Andi Tenriadjeng di tahun 2006, 2007, 2008, 2010 dan tahun 2012.

Sementara itu berdasarkan Release dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait Kota dan Kabupaten Wujudkan Pembangunan Kota Berkelanjutan (Sustainable City) tertanggal , 14 Januari 2019 menyampaikan
Program ADIPURA merupakan program nasional dan dilaksanakan setiap tahun, untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha, dalam mewujudkan sustainable city (kota berkelanjutan), yang menyelaraskan fungsi pertumbuhan ekonomi, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunannya dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance).

Dalam lima tahun pertama sejak pelaksanaannya di tahun 1986, program ADIPURA difokuskan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi Kota Bersih dan Teduh. Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah memberikan penghargaan yang disampaikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia kepada
Kepala Daerah yang berhasil memimpin wilayahnya menjadi lingkungan yang bersih dan lestari.

Di awal tahun 2019, Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan memberikan anugerah ADIPURA Periode 2017-2018 kepada 146 penerima penghargaan, yang terdiri dari 1 (satu) Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura, dan 5 (lima) Plakat Adipura, serta Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 (sebelas) kabupaten/kota

Seiring dengan ADIPURA, KLHK juga akan memberikan penghargaan Green Leadership bertajuk Anugerah NIRWASITA TANTRA untuk Periode 2018. Penghargaan ini disampaikan oleh Wapres Jusuf Kalla kepada 3 (tiga) Gubernur, 6 (enam) walikota, dan 6 (enam) Bupati.(*/lina)

 

Editor : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.