KPAI Merespon Terkait Dugaan Kasus Kekerasan Anak di Mateng

Mateng.daulatrakyat.id-Kasus kekerasan anak dibawah umur terendus, saat Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar mencurigai, ada seorang anak perempuan berinisial “F” (11) yang dirawat dirumah sakit akibat kekerasan fisik yang diduga dilakukan oleh kedua orang tuanya.

Mendapat Informasi tersebut, Personil unit reskrim yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Tobadak Ipda H. Mino langsung bergerak cepat menginterogasi korban di rumah sakit dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), serta memeriksa terduga pelaku dan saksi – saksi yang diduga mengetahui adanya kejadian tersebut.

Menurut Kapolsek, saat ini kedua orang Pasutri tersebut sudah di amankan di mapolsek tobadak, guna pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara korban masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit Mateng akibat luka terbuka dan memar yang ada di sekujur tubuhnya.

Secarah terpisah, Komisi Perlindungan Anak Indonesia, KPAI merespon masalah tersebut.

Komisioner KPAI Bid Pendidikan Retno Listyarti menyampaikan keprihatinan atas kasus penganiayaan anak oleh orang tuanya sendiri yang diduga terjadi di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

“KPAI akan berkoordinasi dengan pihak krpolisian setempat untuk pengawasan penanganan kasus ini,” ujar Retno kepada daulatrakyat.id melalui pesan pendek, Kamis, 9 Agustis 2018.

Ia pun akan berkoordinasi dengan dinas PPPA dan P2TP2A Mamuju untuk memastikan penanganan dan rehabilitasi korban, baik rehab medis maupun rehab psikologis.

“Termasuk penanganan psikologis ibu pelaku,” ujarnya.

Retno menegaskan pengasuhan anak ke depannya, harus juga dipikirkan selama ibu menjalani hukuman dan rehabilitasi psikologis.

“Harus dipastikan ada keluarga anak korban yang bisa dan layak mengasuh anak tersebut,” kata Retno.

Korban Kekerasan Anak dibawah Umur dalam Perawatan Intensi di RS Mateng (dok:dr)

Penulis : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.