Korban Kecelakaan Kerja Terimah Santunan 196 Juta Dari BPJS Lutra

 

BPJS Serahkan Santunan Kepada Korban Kecelakaan Kerja di Lutra

Daulatrakyat.id,Lutra-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Luwu Utara, menyerahkan santunan jaminan kecelakaan kerja kepada Erwin Sumantri.

Erwin merupakan salah satu Tenaga kontrak PT Waskita yang mengalami cacat tetap akibat kecelakaan kerja.

“Pak Erwin mengalami cacat tetap akibat kecelakaan kerja, sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan aktif,dia berhak mendapatkan santunan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Kepala Cabang Pembantu BPJS Ketenagakerjaan Luwu Utara , Gazali, Jumat kemarin,7 Juli 2017.

Gazali telah menyerahkan langsung santunan(klaim) secarah simbolis kepada korban Erwin Sumantri, dan disaksikan pihak perusahaan PT Waskita di kelurahan Baliase Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara,Sulsel.

Dia mengatakan, jumlah santunan yang diterima oleh Erwin Sumantri sebesar Rp 196.301.600, dengan rincian sbb :

Santunan Cacat Rp 131.600.00, Santunan Pengganti Upah Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) Rp 16.136.670.

Santunan Biaya Perawatan Rp 28.564.930, serta Santunan biaya pembelian tangan palsu sebesar Rp 20.000.000,- .

Sebagaimana diketahui,Erwin Sumantri mengalami kecelakaan kerja 14 Januari 2017 lalu. Dia harus kehilangan tangan akibat kecelakaan yang di alaminya. Selama 6 Bulan ,dia mendapatkan perawatan. Seluruh biaya perawatan sepenuhnya ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Gazali menyebutkan pembayaran klaim merupakan komitmen dan tugas BPJS Ketenagakerjaan dalam upaya untuk melindungi pekerja Indonesia melalui jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Sudah menjadi komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk menjamin seluruh perlindungan atas risiko-risiko dan kecelakaan kerja, sudah tugas kami untuk menanggung seluruh beban biaya perawatan dan pengobatannya, tentunya sesuai dengan mekanisme yang ada,” jelas Gazali.

Mekanisme pembayaran klaim, menurutnya setelah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.Dia mengatakan setiap tenaga kerja mendapatkan perlindungan dari program BPJS TK, di antaranya jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan kecelakaan.

Penulis :Jali
Editor   : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.