KMP. Dharma Kartika III Siap Layani Lintas Selayar-Makassar

Selayar, daulatrakyat.id – Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Dharma Kartika III, milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) dipersiapkan melakukan pelayaran lintas Makassar-Selayar.

Hal ini terlihat setelah KMP Dharma Kartika III, melakukan uji coba gerak dan berhasil sandar di Pelabuhan Rauf Rahman, Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Jumat (3/8/2018).

Ikut hadir menyaksikan uji coba sandar armada PT Dharma Lautan Utama tersebut, diantaranya Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Baso, SH, MH, Dirut PD. Berdikari, Jonni Hidayah, wakil kepala Syahbandar, Samsul Bakhri, Manajer Cabang, PT. DLU, Budiono, anggota Satpol Air Polres Kepulauan Selayar serta masyarakat.

Dirut PD Berdikari Jonny Hidayah berharap, armada KMP Dharma Lautan III  dapat melayani pelayaran lintas Pelabuhan Selayar-Makassar, melalui pelabuhan Rauf Rahman Benteng dengan pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Dirut PD. Berdikari yang juga Ketua KONI Kabupaten Kepulauan Selayar, Jonny Hidayah mengaku, pihaknya yang melakukan komunikasi dengan PT. DLU yang kebetulan kenal dengan pemilik kapal.

Manajer Cabang PT DLU  Budiono yang dihubungi seusai uji coba sandar mengatakan,  KMP Darma Kartika III adalah kapal jenis Roro (Ferry).

Ia mengatakan, setelah uji coba dilakukan dan ketahui bahwa apa yang perlu dibenahi , selanjutnya akan koordinasikan dengan pihak pemerintah.

“Selanjutnya kita menempuh langkah-langkah sesuai regulasi pelayaran dan hal-hal lain yang dibutuhkan,” kata dia

Sementara itu, Kadis Perhubungan Andi Baso yang menyaksikan langsung uji gerak KMP Dharma Kartika III, mengakui kondisi fisik dan fasilitas yang dimiliki mulai dari ruang kendaraan kelas ekonomi, kelas VIP anjungan kapal dan kamar mesin sangat bagus.

“Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar tentunya sesuai aturan yang ada kita welcome saja. Namun demikian kita belum berbicara tentang masalah perizinan dan seterusnya,” ujar Andi Baso.

Menurutnya,  jika kapal ini beroperasi tentunya akan berpengaruh terhadap kepadatan penumpang di pelabuhan lintas Pamatata – Bira, karena akan menjadi alternatif rute pelayaran bagi masyarakat.

Keterangan gambar :Gbr. Direktur Utama PD. Berdikari Kabupaten Kepulauan Selayar, Jonny Hidayah, bersama Manajer Cabang PT Dharma Lautan Utama, Budiono,

Penulis : Nur Alim

Editor    :Salim Majid

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.