Ketua KPU Majene : Suket Tak Bisa Lagi Digunakan pada Pemilu 2019

KPU Majene Gelar Sosialisasi Terkait

Majene.daulatrakyat.id-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene Surakhmat mengatakan surat keterangan (suket) tidak berlaku sebagai pengganti KTP elektronik pada Pemilu 2019 mendatang.

Dia menyebutkan, setiap wajib pilih yang belum memiliki e-KTP hingga hari pemungutan suara, harus terdaftar terlebih dahulu dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jadi kalau belum terdaftar di DPT tidak bisa memilih,” ujar Surakhmat usai menggelar sosialisasi PKPU Nomor 11 tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri Penyelenggara Pemilihan Umum tingkat Kabupaten Majene, Jumat, 6 April 2018 di aula Hotel Abrar Majene.

Dalam proses pendataan pemilih, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) akan bekerja dari rumah ke rumah warga. Mereka meminta warga untuk menunjukan identitas kependudukannya yang sah seperti e-KTP, suket, atau kartu keluarga.

Kartu identitas itu sebagai bukti penduduk berdomisili di daerah pemilihan. “Jadi kami berharap setiap warga bisa terdaftar agar bisa mendapat hak pilihnya,” kata dia.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Majene, penduduk Kabupaten Majene yang belum melakukan perekaman data kependudukan sebanyak 4.927 jiwa. Sedangkan jumlah DPT Kabupaten Majene hingga 31 Maret tahun ini sebanyak 110.600 wajib pilih.

Penulis : Wahid
Editor    : Salim Majid

 

 

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.