Kepala Desa Banyak yang Protes, APDESI dan MUSCAB tetap dilanjutkan

Luwu. daulat rakyat id – Pemilhan pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) dan Musyawarah Cabang (MUSCAB) digelar diaula bapeda luwu kamis 20/9/2018.

Bupati luwu yang diwakili oleh asisten 1 pemda Luwu Andi Mudzakkir membuka musyawarah dan menyampaikan bahwa Apdesi yang dibentuk hari ini memberikan hal-hal positif kepada pemerintahan desa,  sebab desalah ujung tombak dari kesejahteraan masyarakatnya.
semoga dengan aktifnya Apdesi mampu menjadi pemersatu aparat desa dalam melaksanakan tugasnya dan menyelesaikan berbagai permasalahan.

“kami berharap dengan adanya organisasi ini  kualitas Kepala Desa menjadi lebih baik”ujarnya.

Muscab yang digelar ini awalnya menuai protes dari berbagai Kepala Desa yang hadir karena tidak menyetujui proses menuju pemilihan pada muscab yang digelar tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, meskipun ada juga yang tidak setuju dan ikut saja sedangkan kepala desa yang lain meninggalkan ruang musyawarah sebelum acara selesai, seperti halnya kepala desa Pantilang Santa Manik SE mengatakan “apabila pemilihan pengurus Apdesi tetap dilanjutkan  saya tidak setuju, sebab banyak kepala desa tidak hadir dan tidak tau kalau hari ini diadakan pemilihan ketua Apdesi Luwu” tegasnya.

Ismail mempertanyakan SK panitia muscba sebagai salah satu keabsahan pembentukan pengurus pada muscab. “saya sekarang pertanyakan mana SK panitia, silahkan melanjutkan jika memang ada”ungkapnya.

Meskipun pada akhirnya Ismail menyetujui dilanjutkannya muscab. Selain Kades Balubu, beberapa kades lainnya juga tidak setuju Muscab dilanjutkan jika tidak ada SK panitia, seperti Kades Cakkeawo Haedar.

“bukan saya tidak setuju tapi kalau tidak ada SK Panitianya ini akan melanggar tidak sesuai ADRT”ungkapnya.

Meskipun awalnya menuai protes namun pemilihan tetap berlangsung dengan 3 peserta calon yang masing-masing dimasukkan namanya oleh semua kepala desa.
Ada 3 calon ketua apdesi yang diusulkan nama-namanya oleh kepala desa yang hadir diantaranya nomor urut 1 atas nama Sultan kepala desa sampeang nomor 2 Jubair kepala desa samulang nomor 3 Hidayat kepala desa buntu matabing.

selanjutnya diadakan pemilihan langsung oleh semua kepala desa yang hadir, kepala desa sampeang yang mempunyai suara terbanyak kemudian disusul oleh Jubair lalu Hidayat.

Pada akhirnya Sultan ditetapkan oleh panitia sebagai ketua Apdesi Luwu tahun 2018-2023. (lina)

Editor : Indra

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.