Penyidik Kejati Sulselbar Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Lampu Jalan di Polman

Makassar.daulatrakyat.id- Penyidik Kejati Sulselbar, Senin (2O/8). Akhirnya menetapkan dua tersangka dugaan tindak pidana Korupsi lampu jalan tenaga surya yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2016 – 2017 di 144 Desa di Kabupaten Polewali Mandar ( Polman ).

Dihubungi Penkum Kejati Sulselbar, Salahuddin SH membenarkan adanya penetapan dua orang tersangka. Diantaranya, inisial ABP jabatan terkahir Kepala bidang ( Kabid ) pemerintahan desa di Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( BPBD ) dengan inisial HR yang merupakan Direktur CV. Binanga selaku distributor PT. Aveconde Internasional yang melakukan penjualan lampu jalan tenaga surya diseluruh desa di Kabupaten Polman tahun 2016 dan 2017.

Salahuddin menyebutkan, penetapan tersangka berdasarkan surat perintah penyidikan ( Sprindik ) Kejati Sulselbar dengan nomor: PRINT -321/R. 4/Fd.1/05/2018/ tertanggal 31 Mei 2018. Salahuddin mengungkapkan, dalam perkara tersebut, tersangka ABP dalam kapasitasnya sebagai PNS mengarahkan semua Kades untuk membeli lampu jalan ke CV Binanga, serta memfasilitasinya pembayaran lampu jalan di kantor BPMD Kabupaten Polman.

Dan direktur CV Binanga selaku distributor PT Aveconde Internasional yang melakukan penjualan lampu jalan diseluruh desa di Kabupaten Polman. Sementara tersangka HR sebagai direktur CV Binanga tidak memiliki kualifikasi teknis ketenaga listrikan sebagai mana yang diatur dalam permen energi dan sumber daya mineral nomor 35 tahun 2015 tentang tata cara perizinan usaha tenaga listrik.

” Mereka bersama – sama melakukan tindak pidana Korupsi pengadaan lampu jalan tenaga surya yang bersumber dari DD tahun 2016 – 2017 di 144 desa di Kabupaten Polman. Sehingga menyebabkan kerugian negara,” ujarnya.

Penulis : Aji

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.