Kapolda Sulbar Hadiri Haul ke 66 Imam Lapeo

Polman.daulatrakyatid-Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si menghadiri Haul ke 66 K.H Muhammad Thahir Imam Lapeo sekaligus serah terima Al-Qur’an Akbar, Sabtu (18/8/18) di Masjid Nurut taubah Imam Lapeo Kec. Campalagian Polman.

Kegiatan haul ini merupakan adat peringatan wafatnya Annangguuru K.H Muhammad Tahir (Imam Lapeo) yang ke 66.

Haul ini telah menjadi ritual masyarakat Campalagian yang di yakini akan membawa keberkahan karena Imam Lapeo merupakan sosok panutan sekaligus tokoh agama yang karismatik dalam menyebarkan agama islam yang keberkahannya abadi hingga sekarang.

Banyak jemaah yang turut menghadiri acara Haul ini. Mereka mengaku terkesan dengan ajaran ilmu Tasawuf yang diajarkan oleh Imam Lapeo.

Bahkan tahun sebelumnya, acara ini dihadiri langsung oleh Prof. DR KH Nasaruddin Umar, MA yang sehari-harinya sebagai Imam Masjid Istiqlal Jakarta dan tokoh lainnya.

Tahun ini, seperti biasanya acara Haul ini ramai di kunjungi masyarakat islam dari dari berbagai daerah demi menggapai keberkahan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, Ma (Iman Besar Masjid Istiqlal Jakarta), K.H Ali Muflis, M.PA (Pembina Yayasan Pendidikan Ilmu-ilmu Al-Qur’an) dan Ustadz H. Salman Amrillah (Qori Internasional), Anggota DPR RI Komisi VIII, Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Sulbar, Bupati Polman, Kapolres Polman, Ketua DPRD Poman, Dandim, Tokoh Agama dan seluruh tamu undangan lainnya.

Dari keterangan Panitia penyelenggara Haul ini dilaksanakan sejak jumat kemarin dan berakhir hari ini, Sabtu (18/8/18) sebagai hari puncak yang ditandai dengan penyerahan Al-Qur’an Akbar.

Haul Imam Lapeo ke 66

Dalam pelaksanaan puncak haul, kegiatan diawali dengan Kirab atau arak-arakan mengawal Al-Qur’an Akbar dengan iring-iringan Sayyang Pattudu (Kuda Menari) sebagai rutual khusus.

Acara ini diisi dengan Salawatan, Pembacaan Ayat suci Al-Qur’an, Sambutan, Ceramah Agama dan Doa serta kegiatan keagamaan lainnya yang dititik beratkan pada penyerahan dan peresmian pemajangan Al-Qur’an Akbar di Masjid Nuruttaubah Imam Lapeo yang dijadikan sebagai wisata religi.

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si dalam sambutannya mengaku sangat senang karena telah diundang langsung menghadiri acara spesial ini.

Acara ini menghadirkan sejumlah ulama yang tentunya akan membawa berkah untuk daerah kita ini.

Ulama itu kaya dengan ilmu jadi dekat dengannya akan mewariskan ilmu yang bermanfaat meskipun ilmu tidak sempat terwariskan setidaknya ada aroma ilmu yang didapatkan, tuturnya.

Disamping itu, pihaknya juga berpesan kepada para jemaah dan tamu undangan yang hadir di Masjid Lapeo, “kita mesti bisa meniru ketauladanan Imam Lapeo dalam menjalankan ajaran Islam teteapi ingat meminta keridhoan hanya kepada Allah semata-mata”, tuturnya.

Jamaah membludak ikuti Haul Imam Lapeo ke 66

Sumber :Humas Polda Sulbar

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.