Kakanwil Kemenag Sulbar Bahas Soal Kerukunan Umat Beragama

Mamuju.daulatrakyat.id-Kakanwil Kemenag Sulbar H. M. Muflih B Fattah menyampaikan materinya dihadapan para tokoh tokoh agama, generasi muda antar umat beragama yang dilaksanakan oleh kesbangpol provinsi sulbar di wisma malaqbiq mamuju, selasa, 2 April 2019.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan peran dan fungsi kerukunan beragama dalam menghadapi pesta demokrasi tahun 2019.

“Penyebaran informasi pelaksanaan perundang- undangan mengenai kerukunan umat beragama harus dilakukan, peningkatan kapasitas aktor-aktor kerukunan umat beragama lewat wawasan kebangsaan, pemberdayaan masyarakat, ormas serta para pemuka agama agar secara mandiri dapat melakukan upaya pencegahan dan penyelesaian konflik ” kata sekretaris MUI Sulbar ini.

Menurutnya, awal tahun 2019 yang lalu, kita telah mendapatkan penghargaan award harmony tingkat nasional dan sulbar meraih terbaik 2 wilayah atau daerah yang masuk zona aman dan damai.

Selanjutnya Peningkatan wawasan bermultikultural sangatlah penting, tidak fanatik terhadap agamanya sendiri, sehingga tercipta harmonisasi yang walaupun berbeda agama tetap bisa hidup rukun dan damai.

Ia menyebut salah satu program kemenag adalah peningkatan kualitas pembinaan kerukunan internal umat beragama dan upaya deradikalisasi terhadap penyebaran informasi keagamaan yang menyesatkan dan menimbulkan aksi terorisme.

“Kita tidak menghendaki ada yang bisa menyulut kebersamaan menjadi perpecahan ” ujarnya penuh semangat.

Ia menegaskan, adanya 3 pilar plus penyuluh agama, yang merupakan program yang mengsinergikan agar terus tercipta kerukunan dan kedamaian antar intern dan ekstrem antar umat beragama.

“Walaupun kita masuk kategori aman dan damai, namun kita harus tetap waspada, apalagi kita di batasi oleh segitiga emas yaitu berbatasan dengan sulteng, sulsel dan kalimantan,” tambahnya.

Muflih menilai peran tokoh-tokoh agama, generasi muda antar umat beragama harus mampu meningkatkan wawasan kebangsaan, apalagi dalam menyukseskan berbagai persoalan bangsa, termasuk maraknya narkoba dan sejenisnya.

” Pemuda, toko agama dan pemuda harus menjadi pelopor dalam menangkal radikalisme, menjadi contoh tauladan dalam membangun bingkai keragaman dan turut menyukseskan demokrasi pilpres dan pileg yang damai dan santun,” pungkas Muflih. ( alan )

Keterangan Gambar : Kakanwil Kemenag Sulbar saat menyampaikan materi pada kegiatan yang diadakan kesbangpol

Editor : Salim Majid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.