KAHMIpreneur Gelar Ajang Inspiratif Bertajuk ‘Young Enterpreneur Summit Makasssar

*Roadshow di 9 Kota Besar di Indonesia, Menjadi Bukti Antusias yang Menggambarkan Semangat Tinggi Entrepreneur Muda Indonesia

MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID. Berbekal kesuksesan pada penyelenggaraan ajang inspiratif ‘Indonesia Young Entrepreneur Summit 2018’ di Jakarta yang telah diikuti oleh 1,800 peserta pada tanggal 28 Oktober 2018 lalu serta kembali menggelar ajang bertajuk ‘Young Entrepreneur Summit 2019’ Roadshow di 8 kota besar di Indonesia.

Sebelumnya Surabaya sukses diikuti 7,000 peserta pada tanggal 16 Februari 2019 dilanjutkan di kota Bandung diikuti 6,000 peserta pada tanggal 10 Maret 2019 serta kota ketiga Sragen diikuti 6,000 peserta pada tanggal 24 Maret 2019 lalu.

KAHMIPreneur sebagai program inspiratif dalam menciptakan pengusaha muda serta untuk mengobarkan semangat para pemuda pemudi Indonesia dalam momentum mencetak entrepreneur yang handal kali ini digelar lagi di kota Makassar sebagai ajang inspiratif yang bertajuk ‘Makassar Young Entrepreneur Summit (YES) 2019, yang bertempat di Celebes Convention Center, Makassar hari ini.

Program ‘Makassar YES 2019’ bertemakan ‘Arah Baru Ekonomi Indonesia’ ini dihadiri sekira 10.000 peserta yang sudah mendaftar, dari kapasitas sekitar 5.000 kursi.

Membludaknya peserta Young Summit tersebut sebagai bukti Antusias para entrepreneur untuk menyerap ilmu dan wawasan yang disampaikan oleh para pakar entrepreneur nasional yang menjadi narasumber, sekaligus bersilaturahmi dengan sesama entrepreneur yang ada di kota Makassar dan kota-kota di sekitarnya. Dapat dikatakan ajang ‘Makassar YES 2019’ menjadi ajang kopi darat dari entrepreneur Sulawesi Selatan.

Tak melulu entrepreneur, ajang ini juga diminati oleh beberapa peserta dari lintas pekerjaan antara lain mahasiswa, pegawai negeri, pegawai swasta bahkan ibu Rumah Tangga yang tengah menyusun rencana untuk terjun ke bisnis entrepreneur dan membutuhkan bekal ilmu dan wawasan yang cukup agar mampu bertahan seperti entrepreneur sukses yang dihadirkan.

Selain mayoritas peserta dari Makassar hadir juga dari Gowa, Takalar, Bulukamba, Maros, Barru, Bone, Selayar, Sinjai, Majene dan lainnya.

Tampak spirit semangat untuk perubahan terhadap diri sendiri dan masa depan yang diperlihatkan dari para peserta tersebut.

Lebih dekat, ajang ‘Makassar YES 2019’ merupakan forum kaum milenial kreatif bertemu dengan para pengusaha muda sukses dari berbagai sektor bisnis tingkat menengah keatas serta nasional.

Juga sebagai ajang berbagi networking (akses teknologi, pembiayaan dan pemasaran), berbagi dan berkembang. Melalui YES 2019, peserta mendapatkan akses terkini seputar market dan finance dari stakeholder yang terlibat.

Founder KAHMIPreneur, Kamrussamad sebagai penggagas ajang ini mengaku bangga dapat menggelar ajang ini. Melihat kesuksesan dari yang sebelumnya, IYES 2018 di Jakarta, YES 2019 di kota pertama Surabaya dilanjutkan kota kedua Bandung dan kota ketiga Sragen, yang pada kenyataannya peserta nya membludak melebihi target dan kapasitas ruangan.

“Membludaknya peserta menjadi pemicu kami untuk mengulirkan ajang YES di tahun ini di 9 kota di Indonesia sekaligus agar virus semangat entrepreneur dapat meluas secara merata sekaligus membuka peluang terhadap penciptaan entrepreneur muda yang lebih banyak. Di kota ke 4 di Makassar ini, kami memiliki konsep berbeda dengan kota sebelumnya, dimana disini kita kemas dengan konsep festival, dengan memberi ruang bagi UMKM lokal untuk memperkenalkan produknya, sehingga dapat dikenal lebih luas”.

Ditambahkan digelarnya ajang ‘Makasar YES 2019’ ini, para kawula muda dan masyarakat Indonesia masih sangat bersemangat untuk menjadi entrepreneur-entrepreneur serta creator-creator muda yang gigih dan handal dalam membangun dan menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri. Harapan kami ke depannya sebagai penyelenggara, semoga ajang ini dapat membantu dan mencetak lebih banyak wirausaha-wirausaha unggul yang dapat bersaing menciptakan banyaknya lapangan pekerjaan dan ajang bergengsi ini dapat membantu menciptakan lebih banyak lagi entrepreneur-entrepreneur muda sukses, tangguh dan mandiri, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat serta mendayagunakan potensi perekonomian yang ada diIndonesia dan dapat bersaing dengan perusahaan asing serta menjadi entrepreneur lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional.’’

Ajang ‘Makassar YES 2019’ menghadirkan narasumber handal di industri entrepreneur nasional yang telah sukses membangun bisnisnya mulai dari nol hingga meraih kesuksesan saat ini, yang juga telah merasakan kegagalan beberapa kali namun tetap semangat untuk bertahan dan belajar dan bangkit dari kegagalannya.Diantaranya tokoh entrepreneur nasional, Sandiaga Salahuddin Uno serta entrepreneur muda sukses lainnya.

*Berikut Narasumber Makassar YES 2019

1.Gamal Albinaid selaku CEO Indonesia Medical, merupakan seorang dokter, aktivis wirausaha social dan CEO Indonesia Medika. Sebagai inspiratif, beliau menggagas berdirinya Klinik Asurani Sampah dan Bank Sampah yaitu klinik asuransi kesehatan yang biaya preminya bisa dibayar dengan sampah yang ditujukan bagi warga kurang mampu. Memiliki target dalm mencetak sekitar 10 ribu wirausahawan social baru di tahun 2018 melalui Gerakan Jaringan Wirausaha Nusantara.

2.Atta Halilintar selaku Content Creator (Youtuber) – Anak sulung dari Gen Halilintar ini Rupanya lebih dulu dikenal sebagai pengusaha muda sebelum merintis karir Youtuber. Atta Halilintar menjadi saksi perjuangan keluarga dengan kondisi yang tak menentu saat itu, membuat Atta tumbuh menjadi sosok pekerja keras. Ketika masih berumur 13 tahun, Atta yang ingin melebarkan sayap. Memulai bisnis dengan berjualan ponsel hingga voucher yang dipasarkan secara online melalui blog dan berbagai forum. Berkat bantuan orang tua dan dengan modal yang ia kumpulkan, Atta membuka toko yang menjual beragam ponsel. Tak disangka, Atta Halilintar berhasil menembus omset satu miliyar dalam usia muda.

Tak cukup disitu, Atta Halilintar mengembangkan karirnya sebagai Youtuber. Kini channel Atta Halilintar telah menembus 11 juta subscriber. Semakin dikenal semakin banyak followers Atta dalam berbagai akun sosial media, Atta memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memasarkan bisnis yang sudah ada dan juga kembali membuka bisnis baru. Seperti menawarkan jasa promosi, endorse atau paid promote. Kini Atta telah memiliki jumlah subscriber di You tube miliknya yang telah mencapai 12,3 uta dengan pendapatan mencapai 10 Milyar. Atta berhasil membuktikan menjadi influencer bagi anak muda saat ini. Hal ini membuat Atta Halilintar berhasil menjadi Youtuber peringkat pertama se-Asia Tenggara.

3.Ussy Sulistiawaty selaku Pemilik Restaurant Lurik dan Kosmetik Dissy – Selain dikenal sebagai artis papan atas Indonesia, tenyata Ussy tidak hanya menggeluti dunia entertainment saja, disamping kesibukan syutingnya, Ussy juga memiliki banyak bisnis. Mulai dari menjalankan beberapa usaha dibidang kuliner khas Indonesia, produk make-up, toko kue oleh-oleh hingga property. Bersama dengan suaminya Andika Pratama, mereka mulai bersaing dipasaran dengan merek-merek ciptaan mereka sendiri.


4.Daniel Mananta selaku Pemilik DAMN I Love Indonesia – Daniel merupakan sosok multitalenta. Selain dikenal sebagai pembawa acara, Daniel juga dikenal sebagai pendiri usaha bernama DAMN I Love Indonesia. Damn I Love Indonesia adalah toko miliknya yang menjual produk-produk dalam bidang fashion dan aksesoris bercita rasa Indonesia. Selama ini dia berhasil membangun brand fashion Damn! I Love Indonesia (DILI) menjadi salah satu ikon urban street wear fesyen Indonesia. Saat ini brand “Damn! I Love Indonesia” telah memiliki gerai yang tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Makasar, dan Manado.

5.Erwin Aksa selaku CEO Bosowa Corporation – Terlahir dari keluarga pengusaha di Sulawesi Selatan, Erwin Aksa merupakan Komisaris Utama Bosowa Corporation. Bosowa merupakan salah satu grup yang memiliki banyak gurita bisnis. Bidang bisnis tersebut mulai dari otomotif, semen, pertambangan, energi, jasa keuangan, properti, dan pendidikan. Perusahaan Bosowa merupakan bisnis keluarga.

6.Sandiaga S. Uno yang menjadi keynote speaker di ajang ‘Sragen YES 2019’ merasa gembira dipercaya kembali berpartisipasi di ajang ini. “Saya melihat antusiasme yang sangat tinggi dari ajang YES pertama optimis ajang YES di 5 kota yang akan digulirkan berikutnya oleh KAHMIpreneur akan dipadati oleh para entrepreneur yang haus akan sharing pengalaman ini. Di ajang ini teman-teman entrepreneur dapat belajar untuk menjadi seorang entrepereneur sejati langsung dari pakarnya. Ini salah satu ikhtiar yang harus terus dimiliki oleh seorang entrepreneur, untuk selalu belajar dari bermacam entrepreneur sukses dan mengambil hikmah dari tantangan yang mereka hadapi. Suksesnya entrepreneur di Indonesia tentu akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional ke arah yang lebih baik”.

Untuk diketahui pada ajang ‘Makassar YES 2019’, selain seminar juga terdapat booth-booth yaitu booth merchandise ‘Thesandiuno’, NineTen, photo booth 180 Degree, Food Truck, Tenda UMKM serta dimeriahkan oleh penampilan Modern Dancer, Band dan dimeriahkan oleh artis ibukota AFGAN.

Setelah berlangsung di Surabaya, Bandung, Sragen dan Makassar, ajang YES 2019 akan berpindah ke 5 kota lainnya yaitu Yogyakarta (5 April), Medan (7 April), Lombok (9 April), Jakarta (10 April) dan Palembang (12 April).


Report by Nina Annisa


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.