Kadiskes Selayar Ingatkan Kewaspadaan Dini Terhadap DBD

Selayar.daulatrakyat.id – Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Kepulauan Selayar, dr. H. Husaini, M Kes, ingatkan tentang kewaspadaan dini terhadap penyakit menular yang biasanya terjadi pada musim hujan, seperti Diare, Malaria dan terutama Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kadis Kesehatan Selayar

Hal ini disampaikannya melalui pesan Whatsup nya kepada daulatrakyat.id, Kamis (31/1/2019).

“Dia sampaikan juga kepada petugas Dinas Kesehatan serta Petugas Puskesmas, dalam musim penghujan, kiranya tetap waspada dalam bertugas, karena daerah lain sudah banyak masyarakatnya yang menderita Demam Berdarah,” kata Kadis Kesehatan, dr. H. Husaini.

Olehnya itu saat ini Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kepulauan Selayar, sampaikan dalam bentuk surat dengan kewaspadaan dini DBD, dengan nomor: 442/147.b/P2PL/1/2019, tertanggal 28 Januari 2019 yang ditujukan kepada Kepala Puskesmas se Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dalam surat kewaspadaan dini DBD, ditegaskan terhadap datangnya musim penghujan dan menghadapi kasus datangnya penyakit menular, termasuk Demam Berdarah Dengue (DBD) serta penyakit menular lainnya, maka perlu adanya langkah langkah antisipasi dan kewaspadaan lainnya.

Selain itu juga meningkatkan upaya penggerakan masyarakat, melalui sosialisasi dan edukasi, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan kegiatan menguras, menutup dan memanfaatkan kembali barang barang bekas plus mencegah gigitan nyamuk (3M) serta menggiatkan 1 rumah 1 jumantik (G1R1J).

Meningkatkan survailans kasus dan survailans faktor resiko terhadap kejadian DBD, diantaranya melalui kegiatan pemantauan jentik berkala dan mengaktifkan juru pemantau jentik.

Meningkatkan sumber daya pencegahan dan pengendalian DBD, meliputi peningkatan kapasitas SDM, bahan dan peralatan untuk melakukan deteksi dini dan pengobatan segera di Puskesmas yang ada.

Diakhir penyampaiannya melalui surat, agar segera melaporkan ke Dinas Kesehatan apabila menemukan kasus DBD. (Nur Alim)

Keterangan Gambar: dr. H. Husaini, M Kes, Kadis Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.