Judas Amir Buka Diklat Kepemimpinan Bagi ASN Palopo

PALOPO.DAULATRAKYAT.Walikota Palopo Judas Amir membuka secara resmi pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (Diklat) kepemimpinan Tingkat IV Angkatan CCCXXVI (326) Pemkot Palopo kerjasama Badan pengembangan sumber daya manusia provinsi sulawesi selatan.

Pembukaan Diklatpim Tingkat IV diikuti 40 peserta, merupakan pejabat struktural eselon IV lingkup dilaksanakan di Auditorium SaokotaE, Rumah Jabatan Wali Kota Palopo, Senin (11/2/2019).

Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Palopo, Farid Kasim mengatakan diklat kepemimpinan Tk. IV yang digelar tersebut untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional para pejabat struktural eselon 4 yang akan berperan untuk melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan di instansinya masing masing.

Selain itu kata dia Diklatpim untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian dan keterampilan, sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas secara profesional yang dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansi.

“Jika sudah begitu maka akan tercipta aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharuan dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa,”ujarnya.

Menurutnya pelatihan kepemimpinan itu untuk memantapkan sikap, semangat pengabdian yang berorientasi pada pengabdian, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat.

“Dan menciptakan kesamaan misi dan dinamika, pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya pemerintahan yang baik,”kata dia.

Ia menambahkan bahwa sasaran Diklat kepemimpinan tersebut adalah terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi inovasi sesuai dengan persyaratan jabatan yang dimilikinya.

Sementara itu Kepala badan pengembangan SDM propinsi Sulsel H. Imran Jausi memuturkan apresiasi dan terimakasihnya pada pemerintah Palopo atas kerjasama dalam pelaksanaan pelatihan kepemimpinan.

“Terimakasih dan apresiasi kamu sampaikan. Karena sungguh suatu kebanggan, kami bisa memfasilitasi terlaksananya kegiatan ini. Dan sebagai catatan untuk tahun 2019, terbitnya matahari pendidikan pelatihan kepemimpinan tingkat IV di Sulsel itu dimulai dari kota Palopo,” ungkap Imran.

Walikota Palopo, HM Judas Amir dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan seperti itu (Diklatpim) penting dan diperlukan.

“Disinilah akan digembleng pikiran kita untuk berwawasan lebih luas,memahami tugasnya sebagai PNS bukan hanya bekerja berdasarkan disiplin ilmu yang kalian miliki tetapi kita harus bekerja lebih dari itu,” Ungkap Walikota.

Dalam Bekerja bukan hanya berdasarkan disiplin ilmu yang dimiliki.

“Kita diminta untuk memiliki wawasan yang luas, punya pemahaman banyak untuk melakukan tugas-tugas kenegaraan dalam mengemban tugas sebagai PNS,” terang Judas Amir.(lina)

Editor : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.