Jelang Akhir Tahun Inspektorat Kabupaten Gelar Pelatihan Pengelolaan ADD Kepada Kades dan BPD

Selayar, daulatrakyat.id – Menjelang akhir tahun 2018, Inspektorat Kabupaten Kepulauan Selayar, menggelar pelatihan tentang pengelolaan keuangan Desa yang berlangsung di kantor Desa Kalepadang, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Jumat (28/12/2018).

Pelatihan ini diikuti Kepala Desa (Kades) bersama Ketua dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) termasuk perangkat Desa, Desa Kalepadang, dalam bentuk diskusi.

Pelatihan ini, dihadiri Kepala Inspektorat Kabupaten, H. Ă‚.R. Krg. Magassing, SH, MH, didampingi Auditor Inspektorat, Andi Arung dan dipandu oleh Kabid Pengawasan Inspektorat, Dian Ady Luhur, SH, MH.

Hadir pula sejumlah peserta dari perangkat Desa Kalepadang, Kecamatan Bontoharu, Kepulauan Selayar.

Kepala Inspektorat Kabupaten, H. A.R. Krg. Magassing, SH, MH, dalam pelatihan tersebut menyampaikan bahwa, Pemerintah Desa, bisa berupaya, bagaimana agar Desa bisa terhindar dari jeratan masalah hukum dan bagaimana mengelola keuangan desa dengan baik.

Sementara anggota BPD, juga bagaimana memperlihatkan fungsi pengawasannya terhadap pengelolaan keuangan Desa.

Dia juga sampaikan bahwa,”adanya penanda tanganan bersama, melalui MoU, antara Pemerintah Kabupaten, Polres dan Kejaksaan, tentang penanganan dan pengaduan masyarakat,” kata Inspektur Kabupaten, H. AR. Krg. Magassing.

Ditambahkan, bahwa, pada intinya bagaimana terbangun sinergitas antara ke tiga pihak tersebut dan memang sangat dibutuhkan.

“Ketika terdapat pengaduan masyarakat dan apabila ditemukan adanya indikasi kerugian negara/daerah, maka akan diserahkan ke Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) atau Aparat Penegak Hukum (APH) terlebih dahulu,” kata H. AR. Krg. Magassing, SH, MH.

MoU tersebut sesuai catatan kesepakatan bersama tersebut, tidak berlaku ketika terjadi, Operasi Tangkap Tangan (OTT). ( Nur Alim)

Keterangan Gambar :Kepala Inspektorat Kabupaten H. A. R. Krg. Magassing, SH, MH, foto bersama dengan Auditor Inspektorat, Andi Arung dan Dian Ady Luhur, SH, MH serta Kades dan Ketua BPD, Desa Kalepadang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.