Iskandar Lewa : Dinsos Akan Menata Penerima PKH

MAKASSAR,DAULATRAKYAT.ID – Tahun 2019 Dinas Sosial Kota Makassar akan melakukan penataan Program Keluarga Harapan (PKH). PKH adalah penerima bantuan uang tunai yang bersumber dari dana APBN.

Hal tersebut dikemukakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Iskandar Lewa saat ditemui di kantornya, Senin (7/1). Kata Iskandar, dana bantuan tersebut disalurkan langsung pemerintah pusat ke rekening warga yang tercatat sebagai penerima PKH.

“Dinas Sosial hanya mengkoordinir warga penerima PKH. Di Makassar tercatat penerima PKH berjumlah 22.871 KK yang tersebar di semua kecamatan,” terang Iskandar.

Lanjutnya, jumlah bantuan yang diberikan kepada setiap kepala keluarga tidak sama. “Bantuan itu bersyarat dan jumlahnya sesuai klasifikasi atau ada klasternya. Jadi setiap KK jumlahnya berbeda,” ujarnya.

Sementara terkait program Dinas Sosial tahun 2019, kata dia, pihaknya  melaksanakan program sesuai Tupoksi Dinas Sosial. Misalnya, melakukan pembinaan, seperti pembinaan terhadap anjal.

“Anjal ini selalu kami tertibkan dan di assesment. Hanya tempat pembinaan di Makassar masih terbatas. Tapi alhamdulillah tahun ini walikota sudah merespon dan menyetujui pembangunan Lingkungan Pondok Sosial (Liposos). Sudah dianggarkan tahun ini. Luas areanya sekitar 5 hektar,” ungkap Iskandar.

Ada 9 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) akan dibina di Liposos tersebut. Antara lain, anjal, PSK, tuna wisma dan masih ada lagi PMKS lainnya. “Mereka akan dibina disini, dan akan dicarikan solusi agar mereka tidak kembali lagi ke jalan,” pungkasnya.

Penulis : Jesi Heny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.