Ini Kesan Bella Saphira Selaku Ketua Persit Chandra Kirana Selama Mendampingi Pangdam Mayjen TNI Agus SB Bertugas

Makassar.daukatrakyat.id.Istri Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti menyampaikan kesedihannya akan meninggalkan Makassar.

Kepergian Bella lantaran sang suami Mayjen Agus SB kembali ke Jakarta sebagai
Asintel Panglima TNI.

Tak anggup menahan kesedihan mata Bella berkaca-kaca jika dirinya sangat mencintai Sulsel dan berat rasanya ia dan keluarga meninggalkan daerah yang sudah mendarah daging dalam dirinya.

“Saya menangis kemarin waktu hari pertama packing rasanya tuh yah sedih banget. Iya saya merasakan satu perubahan dalam apa namanya perasaan dalam mungkin ini yang namanya cinta.Mencintai Sulsel seperti tanah lahir saya sendiri.Sepertinya Sulsel sudah menyatu dalam jiwa saya,”ujar Bella.

Tampil cantik mengenakan hijab putih keabu-abuan dipadukan dress biru dihiasi payet memberikan kesan elegance sementara suaminya, Mayjen Agus SB tampil menggunakan baju koko putih dengan peci hitam.

Ia menceritakan saat pertama kali menerima pengantar undangan yang menggunakan baju bodoh dan jas tutup baginya itu sangat luar biasa dan suatu kehormatan yang jarang didapatkan diera modern ini.

Selain kebudayaan dan adat Sulsel yang masih bertahan hingga sekarang Bella juga mengagumi pribadi-pribadi orang bugis Makassar yang ramah,silaturrahminya tinggi dan spiritual yang begitu kental ditambah kuliner dan kue-kue khas Sulsel yang akan membawa kerinduan baginya saat meninggalkan Sulsel.

“Duh gimana yah sedih banget karena biasanya baru seminggu saja ninggalin Makassar sudah kangen sama Barongko (kue khas bugis terbuat dari pisang,telur dan gula),suka juga dengan Songkolo (kuliner khas bugis Makassar yang terbuat dari ketan),”kata Bella dengan mata yang berkaca-kaca.

Hal yang membuatnya bersedih juga karena harus meninggalkan satuan ibu-ibu persit yang sudah dianggap saudara sendiri.

“Persauadaraan kami begitu lekat,tak ada jarak dan sekat.Sedih ninggalin adik -adik di Persit.Disini tuh sangat menghargai.Beda sangat beda dengan yang lain.Saya kagum dengan adat istiadat disini.Berat ninggalin Sulsel.Berat ninggalin adik-adik persit.

“Bapak itu sangat mencintai Sulawesi,yah kami berdua sudah sering pindah-pindah namun disini terasah beda.Sedih dan berat meninggalkannya,”tutur Bella.

Banyak hal yang tidak bisa ia lupakan disini salah satunya saat Pangdam bertugas di Poso ia sendiri dan hanya ditemani petugas di Rujab dan anggota persit lainnya.

“Tanggal 17 kemarin tepat meninggalnya gembong teroris Santoso di Poso.Begitu bangganya kita karena pangdam berhasil menumpas Santoso dan kelompoknya di Poso dua tahun lalu,dimana selama 8 bulan pangdam bolak balek bertugas di Poso dan Jakarta saat ada rapat di mabes terkait gembong teroris itu,”tambah Bella.

Bella juga mengungkapkan keindahan laut tanah Sulsel menjadi destinasi wisata favorit Bella bersama Agus Surya Bakti selama sang suami bertugas. Bahkan setiap bulan Bella lebih memilih berenang di laut Makassar.

“Wakatobi, Bonerate, sekali sebulan ke Kodingareng hanya 20 menit di Makassar, tidak jauh dan gampang dan 3 tahun ini dilaut terus berenang. Sementara Makan paling enak banyak pallumara dan kapurung,” terangnya.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus SB pertama kali menjabat pada 2016 lalu dan berakhir 2018 setelah dimutasi ke Jakarta sebagai Asintel Panglima TNI tahun 2018.

 

Penulis : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.