MAKASSAR.DAULATRAKYAT.ID. Sebagai platform digital,Grab sukses melakukan
Digitalisasi 13.500 Pedagang Pasar Tradisional,Grab bermitra dengan PD Pasar Jaya untuk mendigitalisasi 16 pasar tradisional basah di Makassar melalui GrabAssistant.
Pelanggan bisa memesan berbagai sembako serta bahan kebutuhan lainnya dan membeli barang belanjaan dari 13.500 penjual tradisional di Makassar menggunakan GrabAssistant.
Promosi Digital Pariwisata Lokal antara lain bekerja sama dengan pemerintah kota, wisatawan bisa melihat rekomendasi wisata termasuk rumah makan untuk mencicipi kuliner lokal, serta menemukan ulasan dan informasi yang berhubungan dengan atraksi wisata dan budaya di Sulawesi Selatan melalui aplikasi Grab.
Panduan wisata juga akan diletakkan pada armada GrabCar, GrabCar Airport, dan mitra hotel untuk meningkatkan visibilitas para pelaku UMKM.
Pemberian iklan Gratis dan Portal Khusus Membantu ribuan UMKM Sulawesi Selatan untuk meningkatkan visibilitas online dan meningkatkan penjualan melalui penyediaan iklan gratis khusus pada laman utama aplikasi.
Grab juga akan memberikan ruang beriklan di media sosial dan saluran digital Grab, serta influencer media sosial yang bekerja sama dengan Grab. Pelanggan akan diarahkan pada laman transaksi langsung saat meng-klik iklan ini.
Selain itu, Grab juga membuat portal khusus www.grabforgood.id untuk UMKM yang memberikan ruang bagi jutaan UMKM untuk mencari tips terkait pengembangan bisnisnya, inspirasi dari bisnis kecil yang sukses, dan cara bergabung dalam ekosistem digital Grab.
Memberikan Pelatihan Keterampilan dan Pertumbuhan bagi Bisnis Kecil yakni
pelatihan dan digitalisasi 1.000 UMKM Sulawesi Selatan: Bekerja sama dengan pemerintah provinsi, Grab akan memberikan pelatihan virtual dan mendigitalisasi 1.000 UMKM binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan.
Pelatihan akan diberikan oleh para pakar seperti Komunitas Tangan di Atas dan The Food Doctor, dengan topik pelatihan yang fokus pada pemasaran digital, pengelolaan media sosial, perencanaan serta pengelolaan finansial dan produk fotografi.
Digitalisasi Pedagang Kantin agar siap sambut New Normal Grab menyambut ratusan UMKM & pedagang makanan kantin di Kanrerong & Losari sebagai mitra merchant GrabFood. Mereka juga akan diberi pelatihan melalui GrabAcademy untuk meningkatkan pengetahuan digital dan juga digitalisasi proses pembayaran mereka melalui dompet digital OVO.
Menciptakan kesempatan pendapatan baru bagi mereka yang membutuhkan berupa
aplikasi untuk Digitalisasi Bisnis dan Individu yang Kehilangan Pekerjaan: Bagi para pelaku usaha, mereka bisa mendaftar, mengelola dan mengembangkan bisnis kuliner mereka melalui platform digital GrabMerchant secara gratis.
Bagi individu yang mata pencahariannya terdampak akibat COVID-19, mereka dapat bergabung menjadi agen individu GrabKios untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mereka bisa menawarkan produk finansial dan digital seperti pengiriman uang, pembelian produk asuransi mikro, pembayaran tagihan, dan pulsa melalui aplikasi GrabKios kepada 170 juta masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses perbankan.