Independensi Caretaker Gubernur, SDK; Saya Yakin Beliau Bisa Menetralkan PNS

Mamuju (DR) Pemerintah pusat
mempercayakan jabatan caretaker Gubernur Sulawesi Barat ke tangan Irjen Pol Calro Brix Tewu.

Hal itu diyakini bakal berdampak positif pada upaya proses peningkatan kualitas demokrasi, utamanya jelang pelaksanaan Pemilukada 15 Februari ini.

Hal itu disampaikan calon Gubernur Sulawesi Barat, Suhardi Duka (SDK). Ia menjelaskan, kekuatan sipil menjadi salah satu yang utama dalam menjaga suhu berdemokrasi modern seperti saat sekarang.

Meski begitu, calon Gubernur nomor urut 1 itu juga menyebut, unsur militer dan kepolisian juga jadi instrumen penting yang mestinya senantiasa berada di tengah dan menjaga hak-hak sipil.

“Demokrasi yang baik adalah adanya kenetralan instrumen negara terjaga. Saya percaya TNI dan Polri di Sulbar mampu menjaga itu. Dan saya tidak akan pernah menyeret-nyeret kedua institusi itu untuk membackup saya,” ungkap SDK, kemarin.

Terkait penunjukan Irjen Pol Calro Brix Tewu sebagai Karateker Gubernur, SDK mengaku optimis sekaligus menyambut baik kehadiran sosok berlatar belakang perwira tinggi kepolisian tersebut.

“Karateker itu tidak selamanya dari Kemendagri. Dan sudah tepat diambil dari Kememkopolhukam. Saya tahu pak Carlo bersih. Dia tidak kenal dengan semua calon Gubernur di Sulbar. Maka saya yakini beliau bisa menetralkan PNS,” cetus SDK.

Untuk mengindari penilaian negatif dari publik, untuk sementara waktu, SDK mengaku tidak akan melakukan silaturahmi dengan Irjen Pol Calro Brix Tewu.

“Saya tidak akan silaturahmi dulu dengan Beliau sebelum selesai Pilgub. Jangan sampai muncul kesan yang tidak bagus. Nanti anggapan orang bisa macam-macam. Kalau selesai Pilgub, saya akan ketemu Beliau,” pungkas SDK. (*)

=======

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.