HIPMI Sulsel Dukung Program Pemberdayaan Ekonomi Pesantren

Makassar.daulatrakyat.id.Bank Indonesia (BI) terus berupaya melakukan sinergitas dalam memajukan ekonomi pesantren yang berbasis syariah sesuai kaidah islam.

Menanggapi hal tersebut ketua DPD HIPMI Sulawesi Selatan Herman Heizer mendukung penuh program Bank Indonesia dalam memajukan ekonomi pesantren.

Ia menilai program tersebut efektif selain memajukan ekonomi Syariah juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan dan mensejahterahkan penghuni pesantren yang selama ini masih bergantung pada donatur.

“Saya sangat berbangga melihat pesantren menjadi pusat ekonomi syariah minimal bisa mendekati pesantren-pesantren yang ada di Jawa Timur dimana pengelola dan penghuni pesantren tidak bergantung pada biaya orang tua santri ataupun para donatur,”kata Herman Heizer.

Kendati demikian ia tak menampik jika Sulsel ingin memaksimalkan program ekonomi syariah pesantren,memandirikan pesantren masih butuh proses.

“Mengubah mainset butuh proses,kita tinggal mengawal selanjutnya bagaimana kita memaksimalkan sinergitas dan relaisasi program tersebut agar berjalan secara berkesinambungan,”tambahnya.

Ia menceritakan jika dirinya telah diberi kesempatan menjadi pembicara pada acara Launching Hipmi Goes To Pesantren yang dihadiri presiden Jokowi di Jawa Timur beberapa waktu lalu.

“Saya berharap Sulsel bisa segera mengikuti jejak pesantren di Jawa Timur yang kuat secara ekonomi,”pungkasnya

Secara terpisah Kepala Kantor Wilayah Bank Indonesia Sulawesi Selatan Bambang Kusmiarso mengatakan akan terus memaksimalkan program pemberdayaan ekonomi pesantren.

“Kita mendukung penuh upaya bersama dalam kerangka koordinasi yang disinergikan oleh KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah),”ungkapnya.

Melalui wadah KNKS, berbagai kebijakan dan program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dari berbagai otoritas dan lembaga terkait dapat bersinergi dengan baik sehingga berbagai potensi dan peluang yang dimiliki Indonesia dapat dimanfaatkan secara optimal.

“KNKS tersebut salah satunya memaksimalkan pemberdayaan ekonomi syariah lewat pesantren,”pungkas Bambang.

Penulis : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.