Hasil Rapat Dewan Gubernur BI Suku Bunga (BI7DRR) Naik Hingga 5,25 bps

Makassar.daulatrakyat.id.Bank Indonesia (BI) menyimpulkan Rapat Dewan Gubernur (RDG) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga stabilitas sistem keuangan dimana RDG bulan 17 Mei menetapkan kenaikan suku bunga 7 Days Reverse Repo Rate

Pada diskusi bersama yang digelar di Hotel Novotel Kamis petang BI 7 Days Repo Rate (BI7DRR) menaikkan suku bunga sebesar 25 bps menjadi 4,50%. Keputusan RDG 17 Mei 2018 4,50%,4,25% dan 5,25%.

Kepala Kantor Wilayah BI Sulsel Bambang Kusmiarso mengatakan pasca kenaikan suku bunga kebijakan 17 Mei 2018,maka tekanan terhadap nilai tukar masih cukup kuat.

“Itu disebabkan karena faktor eksternal yang tinggi dan berpotensi membuat inflasi meningkat,”kata Bambang.

Adapun latar belakang RDG tmbahan 30 Mei 2018 yakni Asesmen terkini menunjukkan ketidakpastian global makin meningkat sejalan proses global liquidity rebalancing yang masih berlangsung,ekonomi AS yang solid didukung pelonggaran kebijakan perbankan,risiko trade war semakin tidak pasti dan tensi geopolitik meningkat,ekonomi AS makin solid membuat sentimen investor terhadap AS terus menguat dan mendorong penguatan USD.

“Selain itu meningkatnya tekanan di Argentina dan Turki menambah ketidakpastian Ekonomi Moneter (EM) sehingga investor global terus mengurangi penempatan di EM pasca RDG 17 Mei 2018, tekanan pada rupiah masih berlanjut,”tambah Bambang.

Dijelaskan hingga kini rupiah masih dalam tren melemah, relatif besar dibandingkan negara peers, dengan volatilitas yang tinggi,outflow masih terjadi pada seluruh jenis aset domestik dan likuiditas rupiah perbankan masih turun sejalan kebijakan intervensi.

“Kita meyakini kedepannya, yield UST berisiko lebih tinggi didorong oleh melebarnya defisit fiskal dan inflasi AS yang lebih tinggi sehingga berisiko mendorong outflow lebih lanjut dan berisiko semakin menekan rupiah,”terang Bambang.(*).

Editor : Nina Annisa

Tinggalkan Balasan

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.